Tanjung Redeb (ANTARA News Kaltim) - Perusahaan tambang batu bara PT Berau Coal menyerahkan peralatan musik keroncong sebanyak 23 Unit dan peralatan musik korp kepada Bupati Berau Drs H Makmur HAPK di rumah dinasnya Jl Cendana Tanjung Redeb Kabupaten Berau.

"Kita maksudkan untuk mendukung peningkatan nilai seni dan budaya yang memang harus dijaga dan dilestarikan. Sejak dulu Berau merupakan sebuah daerah yang masyarakatnya menggemari dan mencintai kesenian Keroncong, semoga dengan dukungan peralatan musik ini bisa lebih menghidupkan kesenian keroncong Berau dan bisa dikenal sampai ke tingkat Provinsi Kaltim maupun Nasional," kata Corporate Support Deputy PT Berau Coal, I Made Saroja, di Tanjung Redeb, Berau, Rabu.

Penyerahan alat musik keroncong pada Senin (25/6) lalu itu merupakan salah satu Program Comdev PT Berau Coal pada 2012. Perangkat musik yang diserahkan sebanyak 23 unit terdiri alat musik Keroncong dan Musik Korps.

Penyerahan peralatan musik itu merupakan yang pertma kali dilakukan secara langsung ke Pemkab Berau.

"Namun untuk sumbangan atau bantuan sejenis ke masyarakat seperti di antaranya penyerahan alat kelengkapan kesenian Tari Jappin sudah sering kita lakukan," tambah Made Saroja.

Ia menambahkan, perusahaannya tidak akan berhenti sampai di situ dan akan selalu mendukung kegiatan kesenian di Berau ke depan.

Dalam hal pengembangan dan kerja sama bidang seni dan budaya PT BC juga siap memberikan dukungan terkait lainnya, seperti menjadi Bapak Angkat dalam membina termasuk mencari dan menjaring bakat-bakat generasi muda pecinta kesenian musik Kroncong dan Korps.

Perangkat musik yang terdiri untuk Musik Keroncong dan Korps tersebut antara lain Biola Silenzia, Biola Universal, Double Bas Hofner, Cello Skylark, Guitar Acoustik Takame, Softcase Cello, Ukulele Custom, Cakulele Custom, Pickup. Equilezer Pickup, Hardease Guitar Acoustic.

Sedangkan untuk 12 Unit alat Musik Korps yaitu Trumpet Nikle, JYBT-E170N, JYFG-A410N, Alto Sax Nikel, Tenor Sax Nikel, JYCL-E100N, Sousaphone, Concert Vibraphone, Marching Glockenspile, BB Band 18, Wine Red w/o carrier dan Carrier Bass Drum Fiber.



Apresiasi

Bupati Berau Drs H Makmur HAPK MM menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi PT BC bagi pembinaan dan pengembangan seni Musik Keroncong dan Korps yang ada.

Pertimbangan pembangunan bidang seni dan budaya memerlukan kebersamaan maka bantuan hal yang sama juga diharapkan dari perusahaan perusahaan lainnya yang beroperasi di Berau.

Karena memerlukan proses pembinaan jangka panjang dan berkelanjutan maka diperlukan adanya pihak sebagai Bapak Angkat, sebagaimana kesiapan yang diutarakan manajemen PT Berau Coal.

Dukungan peralatan musik yang ada akan dimanfaatkan sebagaimana mestinya, ke depan juga alat musik yang sangat canggih tersebut akan dijadikan aset daerah dan diserahkan pemanfaatannya ke Dinas Pemuda Dan Olah Raga Berau.

Penggunaanya selain untuk meningkatkan dan mengembangkan musik Keroncong dan Korps yang ada juga diharapkan bisa menumbuhkan dan menjaring bibit-bibit muda berbakat. Selain itu peralatan yang ada hendaknya dirawat dengan baik.

"Kita berharap kepada PT BC juga pihak lainnya turut terus memberikan pembinaan terhadap kesenian daerah yang ada di Berau saat ini," ujarnya.

Diharapkan pengoperasian peralatan musik yang ada saat ini harus ditangani orang profesional atau yang menguasai. Untuk optimalisasi perwujudan apa yang kita maksudkan maka perlu juga didatangkan Instruktur yang profesional, dan yang tidak kalah pentingnya peralatan musik yang ada hendaknya dirawat dengan baik sehingga ke depan bisa menghasilkan suatu kesenian yang baik dan membawa nama harum Kabupaten Berau," kata Bupati Makmur.  (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012