Orang Indonesia (OI/penggemar Iwan Fals) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memasang spanduk ajakan menggunakan masker di kawasan pasar tradisional sebagai upaya menangkal atau mencegah penularan Corona Virus Disease (COVID-19).

"Kami mendukung kebijakan pemerintah dengan memasang sejumlah spanduk ajakan gunakan masker antisipasi penyebaran virus corona, ," ujar Ketua Badan Pengurus OI Kabupaten Penajam Paser Utara, Amin Margo Santoso ketika dihubungi di Penajam, Kamis.

Pemasangan spanduk ajakan menggunakan masker yang dipasang di seluruh pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut menurut dia, untuk menimbulkan kesadaran masyarakat agar menggunakan masker dalam mencegah penularan COVID-19.

"Spanduk-spanduk dipasangnya disebar di pasar-pasar tradisional salah satu fasilitas umum agar mudah dibaca masyarakat," kata Amin Margo Santoso.

"Sosialisasi menggunakan masker melalui spanduk ajakan itu merujuk pada kebijakan pemerintah tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona," tambahnya.

Pemasangan spanduk ajakan menggunakan masker tersebut lanjut Amin Margo Santoso, sebagai kepedulian agar virus corona tidak semakin menyebar di wilayah Penajam Paser Utara.

Dengan pemasangan spanduk itu diharapkan muncul kesadaran masyarakat akan pentingnya mengikuti ketentuan memakai masker nonmedis setiap beraktivitas di luar rumah untuk pemutusan rantai penularan COVID-19.

Sebelumnya, OI Kabupaten Penajam Paser Utara juga sudah bergerak secara masif dan gencar mendatangi seluruh pasar tradisional untuk membagikan ribuan masker kain serta sosialisasikan secara langsung pentingnya penggunaan masker.

"Kami tidak hanya bagi-bagi masker, tetapi sambil sosialisasikan langsung pentingnya pemakaian masker dalam kondisi saat ini, dan kami lanjutkan sosialisasi dengan memasang spanduk ajakan gunakan masker," jelas Amin Margo Santoso.

Pembagian masker kain secara cuma-cuma dan pemasangan spanduk tersebut merupakan hasil swadaya atau sumbangan para penggemar Iwan Fals yang tergabung OI Kabupaten Penajam Paser Utara.

Amin Margo Santoso berharap kegiatan yang dilakukan OI Kabupaten Penajam Paser Utara itu bisa membantu pemerintah kabupaten setempat dalam melawan pandemi COVID-19.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020