Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan mempromosikan berbagai potensi wisata pada kegiatan Pekan Raya Jakarta (PRJ).

"Pada Sabtu (16/6), kami dipercaya tampil di panggung utama PRJ dan kesempatan itu akan dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di Samarinda," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, HM Faisyal di Samarinda, Senin.

Promosi itu, katanya, juga telah dilakukan saat Pemkot Samarinda dipercaya tampil pada malam "Welcome Party" atau pesta penyambutan pada musyawarah nasional (munas) Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi) di Manado, Sulawesi Utara beberapa waktu lalu.

"Melalui ajang seperti ini, kami terus berupaya menampilkan berbagai kesenian, budaya dan makanan khas Samarinda agar dapat merangsang minat wisatawan berkunjung ke Samarinda," ungkap Faisal.

Pada penyelenggaraan PRJ itu, kata Faisal, Pemerintah Kota Samarinda akan membuka stand dengan menampilkan ragam kesenian, makanan khas dan budaya kota itu.

Selain mempromosikan budaya di arena PRJ, Samarinda lanjut Faisal juga akan dilaksanakan "Samarinda Day` di anjungan Kaltim Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (17/6).

"Setiap tahun Pemerintah Kota Samarinda menggelar berbagai pertunjukan seni dan budaya di anjungan Kaltim di TMII namun kali ini sedikit berbeda sebab kegiatan itu kita kemas dalam acara `Samarinda Day` yang tidak hanya menampilkan kesenian tetapi berbagai potensi yang ada di Samarinda untuk menarik wisatawan," ungkap Faisal.

Pada `Samarinda Day` itu kata dia akan berbagai tarian dyang akan dibawakan oleh sanggar seni `Art Borneo Creativ` lagu daerah, peragaan busana modifikasi Sarung Samarinda serta memperlihatkan berbagai kerajinan khas.

"Kami juga akan memperlihatkan berbagai makanan khas diantaranya, amplang serta lempok durian. Kami berharap, beberapa instansi terkait dapat berpartisipasi untuk menampilkan ragam budaya, kesenian dan makanan khas Samarinda untuk semakin memperkuat promosi wisata yang kami lakukan," kata Faisal. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012