Balikpapan (ANTARA News Kaltim) - Ratusan anggota "Pasukan Kuning" dan "Pasukan Hijau" berkumpul di halaman Balaikota Balikpapan untuk ikut menyambut kedatangan Piala Adipura, Rabu).

"Kami bangga," kata Mustakim, penyapu jalan dengan senyum lebar yang berharap ada penghargaan dalam bentuk uang kepada mereka.

"Seperti saat lebaran, gitu," kata Mustakim singkat.

Pasukan Kuning adalah anggota Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP), yang sehari-hari bertugas menjaga kebersihan jalan-jalan Kota Balikpapan. Pasukan Hijau adalah mereka yang memelihara taman-taman kota dan tanaman-tanaman hias kota.

Selain Piala Adipura, Balikpapan juga meraih 11 penghargaan tingkat nasional lainnya. Piala-piala tersebut dibawa oleh Wakil Wali kota Balikpapan Heru Bambang yang dijemput dengan bus milik Pemkot dari Bandara Sepinggan, pukul 09.00 WITA.

"Sederhana saja, tidak perlu ada arak-arakan atau semacamnya," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Sudirman Djajaleksana.

Piala Adipura diberikan oleh Presiden SBY kepada Wali kota Rizal Effendi pada Selasa (5/6).

Sesampainya di Balikpapan pada pukul 09.30 Wita, Piala Adipura bersama piala lainya dibawa dengan menggunakan bus pemkot warna biru yang didalamnya terdapat Wakil Wali kota Heru Bambang didampingi sejumlah kepala SKPD yang menyertai Wali kota di Jakarta.

Wali kota Rizal Effendi sendiri tidak hadir dan tidak ikut pulang ke Balikpapan karena setelah menerima Adipura langsung melanjutkan perjalanan ke Jeddah, Arab Saudi, untuk kemudian menjalankan ibadah umrah ke Mekkah.

Tiba di gerbang Balaikota, Wawali Heru Bambang turun dari bus dan menyerahkan Adipura kepada sejumlah anggota Paskibraka didamping piala-piala lainnya.

Di halaman Balaikota sudah menunggu dengan berbaris ratusan anggota Pasukan Kuning dan Pasukan Hijau, yaitu petugas dinas kebersihan dan pertamanan.

Turut memeriahkan suasana ratusan murid SD dan guru-gurunya, undangan dari unsur muspida dan kepala-kepala dinas. Hadir pula mantan wali kota Kolonel (Purn) Tjutjup Suparna.

Selanjutnya dalam upacara singkat, Piala Adipura diserahkan Wawali kepada anggota Komisi II DPRD Balikpapan Mukhlis yang mewakili pimpinan DPRD dan anggota DPRD lainya yang sedang kunjungan kerja.

Wawali Heru Bambang juga menyerahkan Piala WTN pada Kepala Dinas Perhubungan Suseno, dan kemudian bergantian Wakil Wali kota menyerahkan piala dan penghargaan Predikat Taman terbaik peringkat kedua nasional diwakili kepada Tatang Sudirja, mantan kepala DKPP.

Piala Adiwiyata Mandiri masing-masing untuk SDN 01, SMPN 3 dan SMAN 1 Balikpapan, dan Piala Adiwiyata nasional untuk SD Kemala Bhayangkara.

Juga diserahkan penghargaan sertifikat Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Soufian, kepada Dinas Pendidikan dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Award diserahkan penghargaan atas dukungannya terhadap pelaksanaan Permendiknas 28 tahun 2010 tentang masa jabatan kepala sekolah 2 periode saja.

Pemkot juga meraih penghargaan Pengelolaan Kepegawaiaan Terbaik kategori Kota Tingkat Nasional dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) atas, Tata Pengelolaan Data, Analisis Jabatan sesuai Ketentuan. Penghargaan Pakarti Madya, yang merupakan penghargaan yang kedua atas pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), yang diraih oleh Tim Penggerak PKK Balikpapan.

PKK dianggap berhasil mengimplementasikan sejumlah program untuk pencegahan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga sesuai UU Perlindungan Anak dan Perempuan.

"Sederet prestasi ini jangan sampai membuat kita lupa bahwa masih banyak tugas yang harus dikerjakan. Dua diantaranya yang penting dan harus mendapat perhatian serius yakni mengenai lingkungan hidup dan penataan sistem transportasi kota," kata Wawali Heru Bambang.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012