Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kembali memperoleh bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa alat pelindung diri ( APD) dalam upaya percepatan antisipasi dan penanganan COVID-19 di daerah.
 

Bantuan pemerintah pusat tersebut berupa alat kesehatan terdiri alat pelindung diri (APD) 80 koli dan masker sebanyak 20 koli diangkut menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

"Kami kembali menerima bantuan pusat. Infonya APD 80 koli dan masker 20 koli," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Andi Muhammad Ishak kepada awak media di Samarinda, Senin.

Namun demikian, Andi tidak bisa merinci barang-barang yang dikirimkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional tersebut.

Sebab, barang baru tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan Balikpapan, sekitar pukul 13.15 Wita.

Andi mengatakan bantuan alat kesehatan itu rencananya akan didisitribusikan ke seluruh rumah sakit rujukan penanganan COVID- 19 di kabupaten dan kota se Kaltim.

"Juga untuk Dinkes kabupaten dan kota guna meng-cover Puskesmas setempat," ungkap Andi Ishak.

Adapun rumah sakit rujukan Covid-19 provinsi serta kabupaten dan kota di Kaltim yakni, RSUD Abdul Wahab Sjahrabie Samarinda, RSUD Inche Abdoel Moeis dan RS Tingkat IV Samarinda. RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, RSUD Beriman Balikpapan dan RS Tingkat II Dr R Hardjanto Balikpapan.

Termasuk RSUD Aji Muhammad Parikesit Tenggarong Kutai Kartanegara, RSUD Taman Husada Bontang, RSUD Panglima Sebaya Paser, RSUD Kudungga Kutai Timur, RSUD Dr Abdul Rivai Berau, RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara dan RSUD Harapan Insani Sendawar Kutai Barat.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020