Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo menyatakan satuan pengamanan (satpam) memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di lingkungan kerja maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi daerah.
 


Indras menambahkan kehadiran satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas dituntut semakin profesional. Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan yang terjadi di lingkungan kerjanya.

"Selain itu juga harus melakukan tindakan pengamanan dan pencegahan yang tepat serta melaporkan ke pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi," kata Indras pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Satpam, di Halaman Polres Kutim, Jumat.

Sesuai dengan tema HUT ke-39 Satpam, yakni "Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan Sumber daya Manusia Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas dan Kondusif dan Terjaminnya Keamanan Di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju".

Kapolres menekankan tujuh hal penting terkait keberadaan satpam. Poin pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral, dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia.

Kedua, jaga kehormatan pribadi, dengan berpegang teguh kepada kode etik dan profesi satpam serta tugas dengan penuh tanggung jawab. Ketiga, tingkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja sehingga dapat segera diantisipasi dengan optimal.

Keempat, senantiasa tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Kelima, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat serta tingkatkan kerja sama sinergi dengan jajaran Polri dan seluruh "stakeholder" lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja.

"Keenam, kepada para penggunan jasa satpam saya mengajak bersama untuk mengubah pola pikir. Ketujuh, terus tingkatkan profesionalisme satpam melalui program sertifikasi secara berjenjang. Dengan harapan, para anggota satpam menjadi unggul dan berdaya saing tinggi, guna menciptakan iklim investasi yang aman dan stabil," katanya.

Hadir dalam acara itu Bupati Kutim H Ismunandar dan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, Seskab H Irawansyah serta unsur FKPD dan jajaran pejabat di lingkup Pemkab Kutim.

Pewarta: Wardi/Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020