Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Wagub Kaltim), Hadi Mulyadi mengharapkan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Samarinda terus menggali potensi pajak di Kaltim, khususnya untuk wilayah Samarinda.

Menurut Hadi, peningkatan sektor pajak ini menjadi hal yang penting dalam rangka memenuhi target penerimaan pajak.
 

"KPP Pratama Samarinda, kiranya bisa mencari alternatif sumber pajak yang lain. Caranya memaksimalkan pajak dengan melakukan ekstensifikasi dengan pencatatan data, penambahan jumlah objek dan subjek pajak. Selain itu, intensifikasi berupa penggalian, pemeriksaan dan penagihan pajak," kata Hadi Mulyadi di Samarinda, Senin.

Hadi menambahkan tingkat kesadaran perpajakan masyarakat masih perlu ditingkatkan lagi. Mengingat pemahaman perpajakan Wajib Pajak masih sangat rendah.

Karenanya, KPP Pratama Samarinda harus terus melakukan beberapa strategi pendekatan kepada Wajib Pajak. Masyarakat harus diberi edukasi agar tumbuh kesadaran untuk membayar pajak setiap tahunnya. Sebab pajak yang dibayarkan itu kembali untuk rakyat. Artinya dari rakyat untuk rakyat.

"Masyarakat harus diberikan informasi yang benar. Bahwa pajak yang dibayar digunakan pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur," tambah Hadi Mulyadi.

Sementara Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Samarinda, Edison mengatakan potensi pajak daerah yang masih bisa ditingkatkan terkait pajak pusat dan pajak daerah.

Dia menyebutkan KPP Pratama Samarinda telah bekerjasama dengan Pemkot Samarinda maupun Pemprov Kaltim dalam upaya meningkatkan pajak daerah.

"Kami konsen terkait penerimaan pajak. Walaupun masuk penerimaan pusat. Namun, kami siap mendukung dan bekerjasama menggali potensi pajak daerah. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi, supaya banyak jenis pajak yang tergali," terang Edison.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019