Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) di Kecamatan Samarinda Seberang, telah beralih status dari kantor Samsat pembantu menjadi Samsat penuh.
 

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor meresmikan kantor layanan Samsat Penuh Samarinda Seberang, yang terletak di Jalan Pattimura, Jumat.

Isran meminta seluruh aparat di Samsat ini mampu melayani masyarakat Samarinda Seberang dan sekitarnya.

"Kita bersyukur, semoga dengan peresmian sarana pelayanan di Samarinda Seberang ini, masyarakat tidak lagi jauh mendapatkan pelayanan untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Khususnya bagi masyarakat Samarinda Seberang dan sekitar," kata Isran Noor kepada wartawan.

Isran mengaku senang, masyarakat bisa terlayani dengan cepat di Samsat ini. Termasuk mampu melayani masyarakat Palaran maupun sekitarnya.

"Semoga ini menjadi bagian penting bagi pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah dan semua pihak untuk mendapatkan kemudahan pelayanan membayar pajak PKB tahunan maupun balik nama," jelasnya.

Gubernur mengapresiasi dukungan Kapolda Kaltim melalui Dirlantas serta pimpinan Jasa Raharja yang telah besinergi dengan baik, sehingga pelayanan ke Samsatan pada masyarakat semakin meningkat.

Demikian  kerja sama dengan mitra perbankan di Kaltim. Seperti Bankaltim, BTN, BNI, Mandiri, BCA, PT Pos dan PT Pegadaian, ujarnya.
 

Sementara Kepala Bapenda Kaltim yang juga Kepala Sekretariat Samsat Kaltim Hj Ismiati menjelaskan diresmikannya Samsat ini dapat memudahkan masyarakat Samarinda Seberang untuk membayar pajak, PKB tahunan, balik nama, lima tahunan maupun registrasi STNK.

Dengan ditingkatkannya status samsat pembantu menjadi Samsat penuh. Diharapkan masyarakat Samarinda Seberang dengan enam kelurahan akan mudah melakukan proses registrasi kendaraan (STNK) 5 tahunan.

"Samsat Penuh sebelumnya adalah Samsat Pembantu yang kini naik tingkat menjadi penuh. Kantor ini telah dilengkapi sarana dan prasarana. Mulai alat cetak plat, gudang TKB, termasuk ruang ramah anak dan laktasi untuk ibu menyusui," jelasnya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019