Muhammad Barkati resmi menjabat sebagai Wakil Walikota Samarinda periode sisa masa jabatan 2016-2021, setelah dilantik oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Kamis (15/8).
 

Tampak hadir dalam proses pelantikan, Walikota Samarinda, Syaharie Jaang, Ketua DPRD Samarinda beserta seluruh anggota Dewan setempat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkominda) Kota Samarinda, Sejumlah tokoh agama, pemuda dan pemuka masyarakat.

Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan bahwa saat ini Kota Samarinda sudah punya Wakil Walikota baru, sehingga diharapkan kinerja aparat Pemerintahan semakin solid dan persoalan di Ibu Kota Provinsi Kaltim tersebut bisa terselesaikan dengan sebaik- baiknya.

"Semoga persoalan banjir dan persoalan lainnya di Samarinda bisa terselesaikan dengan sudah lengkapnya kepemimpinan di Samarinda, Apalagi Samarinda juga peran penting dalam agenda nasional pemindahan Ibu Kota Negara, yang salah satunya di Kalimantan Timur," tegas Isran Noor.

Sementara itu, Walikota Samarinda, Syaharie Jaang mengatakan bahwa sebelum pelantikan dirinya telah berkoordinasi dengan Barkati terkait pembagian tugas dan tangung jawab di Pemerintahan.

"Ada tugas dan poksi masing- masing, dan tentunya saya berharap kehadiran Wawali ini bisa menambah pelayanan Pemerintah Kota Samarinda kepada masyarakat,"jelas Jaang.

Wakil Walikota, M Barkati mengaku siap untuk mendampingi tugas Walikota Samarinda untuk menjalankan program- program pembangunan di Kota Samarinda.

Ia mengaku akan banyak turun kelapangan dalam rangka pengawasan, dan itupun tetap harus berkordinasi dulu dengan Walikota sebagai tampuk pimpinan.

"Saya siap menjalankan sesuai fakta integritas jabatan Wakil Walikota, dan sesuai amanat Pak Gubernur tidak boleh kelajuan, semua harus berkoordinasi dengan Walikota," tegas Barkati.

Muhammad Barkati terpilih menjadi Wakil Walikota Samarinda, melalui proses pemilihan di rapat paripurna ke-2 DPRD Kota Samarinda, pada,Kamis (25/7).

Barkati yang diusung oleh Partai Demokrat meraih dukungan 35 suara dan mengungguli pesaingnya Arif Kurniawan dari PKS yang mendapatkan dukungan 10 suara, dari total 45 anggota DPRD Kota Samarinda.

Pemilihan Wakil Walikota tersebut dilaksanakan, karena Wakil Walikota Samarinda, Nursyiwan Ismail meninggal dunia, sehingga jabatan Wawali mengalami kekosongan.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019