Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kanwil Kemenhan) Kaltim melaksanakan Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat pelajar SMA dan perguruan tinggi, berlangsung di Hotel Grand Sawit Samarinda, 23-25 Juli 2019.


Ini merupakan program unggulan Kanwil Kemenhan Kaltim yang setiap tahunnya disinergikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim.

Dikatakan Plt Kepala Kakanwil Kemenhan Kaltim Kolonel Inf, Gema Repelita, Lomba PCTA tahun ini digelar dengan menampilkan karya inovasi atau kreatifitas yang berkaitan dengan UMKM dan mengusung tema "Mewujudkan Semangat Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara Sebagai Dasar Penggerak Industri Kreatif".

"Sejak 2012-2018 kita melakukan lomba ini dengan metode debat dan diskusi, tetapi kali ini Kemenhan melihat perlu ada inovasi baru terutama untuk para generasi muda yang tidak hanya berpatokan kepada materi debat, diskusi dan lain-lain,” katanya.

Dia menginginkan ada pemikiran baru dari pribadi sendiri untuk mengolah daya pikirnya, diolah menjadi mampu menghasilkan suatu produk seperti UMKM, serta produk yang betul-betul bisa bermanfaat di lingkungan masyarakat khususnya berada di kalangan kelas bawah dan tentunya memiliki nilai jual.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengundang Kementerian Hukum dan HAM Kaltim agar produk peserta pemenang memiliki hak paten yang jelas ke depannya dan juga hadir berbagai lembaga yang membidangi urusan kemitraan dan kewirausahaan.

Nantinya para juara ini akan mengikuti ke tingkat nasional pada gelaran PCTA nasional yang akan digelar di Bali, diharapkan perwakilan Kaltim mendapat juara baik tingkat SMA maupun perguruan tinggi.

"Disinilah upaya kami agar para pelajar SMA dan mahasiswa ini memunculkan ide-ide mereka, berkreasi dan berinovasi khususnya bidang UMKM yang memiliki nilai jual dan dapat meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.

Produk peserta PCTA

Lomba ini diikuti 18 tim dari perguruan tinggi diantaranya Universitas Mulawarman Samarinda, Untag Samarinda, Politani Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda, Akbid Permata Husada, UMKT, dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan. Sementara untuk ringkat SMA diikuti sebnayk 19 tim terdiri dari SMAN 10 Samarinda, SMAN 1 Samarinda, SMAN 6 Balikpapan, SMAN 8 Balipapan, SMAN 4 Balikpapan, SMAN 3 Bontang, SMAN 1 Tenggarong, SMAN 1 Tanah Grogot, SMAN Unggulan Tanah Grogot, SMAN 2 Sangatta Utara, SMAN 1 Sangatta Selatan, SMAN 1 Linggang Bigung, SMAN 1 Myuatan Kutai Barat, SMAN 11 dan SMAN 4 Berau.

Sebagai informasi juara lomba PCTA untuk jenjang SMA yakni Juara 1 diraih SMAN 1 Tenggarong tim 2, juara 2 diraih SMAN 1 Tanah Grogot, juara 3 diraih SMAN 1 Tenggarong tim 1, dan juara harapan diraih SMAN 1 Sangatta Selatan.

Sementara untuk pemenang tingkat perguruan tinggi yakni juara 1 diraih Politani Samarinda, juara 2 diraih Untag Samarinda, juara 3 diraih Universitas Mulawarman Samarinda dan juara harapan diraih Politeknik Negeri Samarinda.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019