Provinsi Kalimantan Timur memiliki dua daerah yang masuk 10 besar nasional untuk kota kreatif, yakni Kota Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara, sebagai gambaran bahwa pelaku ekonomi kreatifnya mengalami perkembangan.


"Ini sebuah kebanggaan bagi saya sebagai wakil rakyat Kaltim dan tentunya kebanggaan juga bagi masyarakat. Artinya ekonomi kreatifnya terus berkembang dan kami di DPR RI akan terus mendorong," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dihubungi dari Samarinda, Rabu.

Terkait dengan komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Kaltim, ia bersama Anggota Komisi X DPR RI akan melakukan kunjungan lagi ke Kaltim pada Kamis (4/7), untuk berdialog dengan para pelakunya dan menyerap aspirasi tentang pengembangan ekonomi.

Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, lanjutnya, saat ini Komisi X DPR RI tengah membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekonomi Kreatif. RUU itu diperkirakan selesai sebelum masa periode DPR RI 2014-2019 berakhir.

Dalam kaitan pembahasan RUU Ekonomi Kreatif tersebut, pihaknya ingin mendapat masukan dari para pelaku ekonomi kreatif di Kaltim, baik di Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, maupun daerah lainnya sehingga hasilnya akan menjadi masukan dalam proses pembahasan RUU.

Ia melanjutkan penyerapan aspirasi itu juga akan dilakukan dengan pihak terkait di lingkungan Pemprov Kaltim. Selain menggelar pertemuan dengan gubernur, Komisi X DPR RI juga mengundang para pejabat dinas yang masih berkaitan dengan pengembangan ekonomi.

Pihak terkait yang diundang, antara lain Ketua DPRD Kaltim, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kaltim.

Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kertanegara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim, Ketua Forum Ekonomi Kreatif, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Perindustrian Kota Balikpapan, Kepala Dinas Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Samarinda.

"Pertemuan besok juga akan dihadiri akademisi dan pelaku ekonomi kreatif seperti Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman, Direktur Politeknik Negeri Samarinda, akademisi, pakar, budayawan, pelaku ekraf, perbankan, dan Ketua Kadin Kaltim," ucap Hetifah. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019