Bontang (ANTARA News Kaltim) - Pelaksanaan "Gebyar Bontang Membaca" 2012 yang puncaknya berlangsung 10 Mei 2012 di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kota Bontang, Kaltim, akan menghadirkan Andy F Noya "Kick Andy".

"Duta Baca Indonesia (DBI) yang sekarang Andy F Noya atau yang dikenal melalui program televisi "Kick Andy" mengantikan Tantowi Yahya yang sebelumnya akan hadir pada puncak Gebyar Bontang Membaca yang puncaknya akan dilaksanakan pada 10 Mei 2012," kata Kepala KPAD Bontang, Asdar Ibrahim, di Bontang, Rabu.

Selain disemarakkan oleh Andi F Noya, puncak Gebyar Bontang Membaca 2012 juga akan diisi dengan membedah buku Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim Syafrudin Pernyata yang merupakan kompilasi tulisan di berbagai media.

"Acaranya sendiri akan dikemas dalam road show pameran buku. Agenda lainnya adalah peluncuran Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia Cabang Bontang dengan nuansa sosial juga akan dirangkai dalam puncak acara diantaranya nikah massal dan operasi khatarak," kata Asdar.

Akhir Januari 2012, KPAD Bontang juga telah melakukan berbagai tahapan, di antaranya rekrutmen dua personel layanan peminjaman perpustakaan, sopir bus antar jemput siswa sekolah untuk membaca di KPAD, dan satuan pengaman.

Bus KPAD yang semula diproyeksikan untuk layanan membaca di berbagai kelurahan tetapi dalam pelaksanaan terkendala jalan yang sempit (gang kecil), saat ini tengah dimodifikasi menjadi bus antar jemput siswa sekolah untuk membaca di perpustakaan daerah.

"Maret-April nanti berbagai lomba mulai digelar seperti lomba pidato bahasa Inggris bagi siswa SD, lomba cerita pendek bagi siswa SMU, pemilihan duta membaca, diklat bercerita bagi guru-guru," kata Asdar yang selama dua tahun berturut-turut berhasil mendapat penghargaan panji pembangunan HUT Provinsi Kaltim bidang perpustakaan dan minat baca. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012