Perusahaan pertambangan  PT Kideco Jaya Agung kembali  menggelar Semarak Pekan Ramadhan 2019 yang dikuti  sebanyak 446  pelajar dari  tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah di lima kecamatan di Kabupaten Paser. 


Semarak pekan Ramadhan 2019  bertemakan "Mari Menjadi Generasi Terdepan Dalam Memajukan Perdaban Islam. Jumlah sekolah yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 39 sekolah berasal dari lima Kecamatan 

"Tujuan kegiatan Semarak Pekan Ramadhan adalah  untuk mengisi kegiatan  waktu anak-anak diusia produktif dari jenjang SD, SMP dan SMA selama bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan lomba yang positif, kreatif dan edukatif serta mendorong generasi muda untuk lebih memahami ilmu agama," kata 
CSR First Manager Kideco, Suriyanto di Musholla Ibadurrahman.

Berbagai kegiatan lomba yang digelar dalam Semarak Pekan Ramadhan di antaranya lomba Tilawah Al-Quran, Tartil Al-Quran, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Indonesia, Nasyid Accapela, Habsy, Adzan, busana Muslim dan cerdas cermat Agama.

Suriyanto juga mengatakan kegiatan tersebut  juga  menjadi wadah bagi para siswa-siswi dalam mengasah kemampuan mereka di bidang ilmu agama, sehingga apa yang telah mereka pelajari di bangku formal dan informal tentang agama bisa mereka uji pada lomba Semarak Pekan Ramadhan. Bagi mereka yang dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba maka akan diberikan reward.

"Kami sangat perduli terhadap masa depan remaja sebagai generasi penerus bangsa, karena ini menjadi fokus utama dari kegiatan semarak pekan Ramadhan, dengan harapan kegiatan ini mampu memberikan nuansa baru dalam pendidikan agama bagi para remaja. Yang terpenting selepas kegiatan ini para peserta tetap bisa membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari hari," katanya.

Suriyanto berharap dengan kegiatan Semarak Pekan Ramadhan para generasi muda menjadi generasi terdepan dalam memajukan Peradaban Islam serta menjadikan bulan Ramadhan tetap menjadi bulan pembelajaran dalam menimba dan mengasah ilmu bagi semua, khususnya para remaja dan anak-anak , sehingga kelak mereka siap dan memiliki bekal dan kemampuan dalam meneruskan estapet pengamalan agama Islam yang Rahmatan Lil Alaamiin. 

Dari pengamatan di lapangan kegiatan lomba tersebut berjalan cukup meriah. Antusias peserta dalam mengikuti lomba sangat terasa, misalnya saat pelaksanaan lomba Tahfidz Alquran.  Para peserta sibuk dan khusuk dengan bacaan dan hafalan Al-Quran mereka, memastikan agar mereka dapat menyambung ayat atau surat yang dibacakan oleh dewan juri lomba Tahfidz.

Begitu juga dengan saat pelaksanaan Lomba Tartil Al-Quran, sekitar 102 orang anak dengan kemampuannya memberikan bacaan terbaik mereka di hadapan dewan juri.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini, khusus dewan juri, guru, orang tua, panitia dan seluruh peserta lomba Semarak Pekan Ramadhan 2019," kata Suriyanto.
 
Sementara Ketua Panitia Semarak Pekan Ramadhan 2019,  Isro Ayubi Rambe menyampaikan para pemenang lomba Semarak Pekan Ramadhan 2019 yaitu  
Lasiah, Juara 1 Tahfidz Al-Quran dan Juara 3 Pidato Bahasa Indonesia tingkat SD/MI (Siswi SD Integral Luqman Hakim Batu Sopang). kemudian    
Nahjil Istiqomah,  Juara 1 Tartil Al-Quran dan Juara 1 Tilawah Al-Quran tingkat SD/MI (Siswi SDN 001 Batu Sopang)

Selanjutnya Wahidah Akhyar, Anisa Kamal, Julia Megawati Safitri Juara 1 Lomba Nasyid Accapela tingkat SMA/MA (Siswi Siswi SMAN 1 Muara Komam). 
Rania Medina Hakim, Juara 1 Lomba Busana Muslim tingkat SD, (Siswi SD Integral Luqman Hakim Batu Sopang).

Kemudian Rania Medina Hakim, Juara 1 Lomba Busana Muslim tingkat SD, (Siswi SD Integral Luqman Hakim Batu Sopang)

"Alhamdulillah pelaksanaan Semarak Pekan Ramadhan tahun ini berjalan lancar, sekitar 446 orang peserta berkompetisi dengan baik, peserta sudah banyak wajah wajah baru dan regenerasi. Banyak bermunculan bibit baru yang memiliki potensi besar dimasa yang akan datang,"kata Isro bersyukur. 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019