Samarinda (ANTARA News Kaltim) - KONI Kalimantan Timur segera merealisasikan pemberian dana prestasi (DP) kepada para atlet dan pelatih yang berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional Rp 2,1 Miliar, Selasa (10/1).

"Setelah sekian lama menanti, akhirnya kami bisa memenuhi harapan atlet dan pelatih. Insya Allah DP itu bisa diambil besok (10/1) oleh yang berhak menerimanya," ujar Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kaltim, Ego Arifin di Samarinda, Senin.

DP yang dicairkan tersebut merupakan penghargaan atas prestasi atlet junior dan senior berikut pelatih atas prestasi di tingkat nasional dan internasional yang diciptakan pada tahun 2010.

"Seharusnya DP tersebut bisa kami realisasikan pada 2011 namun berkenaan pengajuan anggaran untuk DP direalisasikan melalui APBD Perubahan Kaltim 2011, maka dari itu pembayaran DP mengalami keterlambatan," jelas Ego.

KONI tetap membayarkan satu tahun penuh karena DP hitungannya per-bulan untuk masing-masing penerimanya sesuai indek yang ditetapkan KONI.

Indek untuk peraih medali senior perbulan, yakni untuk medali emas senilai Rp1juta, perak Rp 800 ribu, perunggu Rp 600 ribu, Sedangkan medali junior emas Rp500ribu, Perak Rp 400 ribu dan perunggu Rp 300 ribu, dan untuk pelatih nominalnya disesuaikan dengan prestasi masing-masing atletnya.

"Jadi untuk DP ini atlet dan pelatih akan menerima dana rapel selama setahun penuh, sehingga dalam hitungan total DP tersebut senilai Rp 2,1 Miliar," tegas Ego.

Pada 2010 tersebut, atlet Kaltim telah mengukir prestasi di tingkat senior sebanyak 49 emas, 57 perak dan 88 perunggu, sedangkan junior dengan 36 emas, 46 perak dan 44 perunggu.

KONI Kaltim juga bisa merealisasikan uang saku atlet dan pelatih pada program desentralisasi Mandiri untuk persiapan kejurnas Pra-PON, yang juga mengalami keterlambatan pembayaran.

"Kami sudah berupaya seoptimal mungkin memberikan perhatian kepada atlet dan pelatih, semoga ini menjadi motivasi mereka untuk mewujudkan sukses prestasi pada PON 2012 mendatang," tegas Ego mengakhiri.  (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012