Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur  bekerjasama dengan pihak perusahaan menggelar Job Fair Kaltim 2019  atau membuka lowongan pekerjaan sebanyak 1.377 lowongan.


Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja, Disnakertrans Kaltim, Sulistri Kawiyani di Samarinda, Senin, mengatakan ribuan lowongan kerja tersebut akan dibuka dalam acara Job Fair Kaltim 2019 bertempat di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, pada Selasa (23/4).

"Rencananya kegiatan ini akan dibuka Asisten I Setda Prov Kaltim Bere Ali ini akan berlangsung selama tiga hari," jelasnya.

Ia mengatakan pada acara tersebut sudah ada sebanyak 57 Perusahaan yang akan ikut berpartisipasi.

"Berdasarkan data yang kami himpun perusahaan membuka 1.377 lowongan pekerjaan dan 262 lowongan jabatan," katanya.

Menurut Suliatri, Lowongan job Fair tahun ini terbilang lebih kecil ketimbang pelaksanaan Job Fair sebelumnya (2017) yang saat itu membuka 1494 lowongan dan 335 jabatan.

Sejauh ini perusahaan yang sudah mendaftar terdiri dari sektor Keuangan 10 perusahaan, Pertambangan delapan perusahaan, Pertamina tujuh perusahaan, perdagangan dan perhotelan sebanyak 18 perusahaan, serta sektor jasa 12 perusahaan, sisanya sektor lainnya.

"Tahun ini yang tidak ambil bagian hanya sektor konstruksi. Padahal tahun 2017 lalu ada satu perusahaan konstruksi," ujarnya.

Syarat pelamar kerja yang dibutuhkan, bervariasi tergantung perusahaan masing-masing. Namun yang paling tinggi tahun ini untuk lulusan S1 sebesar 928 lowongan.

"Lulusan S1 dibutuhkan 928 orang, D3 236, SMA 857, dan SD: 200 orang. Saat ini pendaftar ada 591 peserta," kata Sulistri.

Pihaknya menargetkan tahun ini mampu menyerap tenaga kerja di Kaltim lebih dari 20 persen.

"Disnakertrans sudah membekali calon pelamar dengan motivasi dan kiat mendapatkan pekerjaan. Termasuk mempersiapkan mental, attitude, bahkan cara berpakaian dan kami juga mendatangkan langsung psikolog," tambahnya.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019