Samarinda, (Antaranews Kaltim) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Samarinda, Kalimantan Timur, berupaya menjaga kualitas produksi air bersih agar layak dikonsumsi oleh pelanggan, salah satunya adalah secara berkala melakukan pengurasan.

   
"PDAM Tirta Kencana memiliki banyak instalasi pengolahan air (IPA), salah satunya adalah IPA Loa Bakung," ujar Kepala Produksi PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda, M Ady Fachrudy di Samarinda, Jumat.

Untuk menjaga kualitas produksi air bersih di IPA Loa Bakung, lanjut Ady didampingi Humas PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda, M Lukman, maka pada Senin, 7 Januari 2019 akan dilakukan pengurasan pada bak reservoir di IPA tersebut.

Pengurasan ini dipastikan akan berimbas pada gangguan produksi dan aliran distribusi. Kegiatan ini merupakan agenda rutin pertiga bulan, sementara jadwal pada bulan ini pengurasannya terkena di IPA Loa Bakung, Sungai Kunjang.

Dijelaskannya, untuk pengurasan IPA Loa Bakung akan dimulai pukul 08.00 waktu setempat sampai selesai. Pengurasan ini diperkirakan berimbas pada beberapa wilayah yang terganggu distribusinya.

Adapun wilayah yang terganggu aliran distribusi selama pengurasan antara lain di Kelurahan Loa Bakung yang meliputi Jalan Jakarta, Jalan Padat Karya, Jalan Manunggal, dan sekitarnya.

Untuk Kelurahan Loa Buah antara lain meliputi Jalan Teluk Ambulung, Jalan Flamboyan dan sekitarnya. Sementara untuk kelurahan Karang Asam meliputi Jalan Ir Sutami, Jalan Teuku Umar, Rapak Indah, Perumahan Corpotek, dan sekitarnya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat dan pelanggan di jalur tersebut untuk bisa menampung air sebagai persediaan selama masih mengalir, karena selama pengurasan berlangsung distribusinya dihentikan," tuturnya.

Dia melanjutkan, imbas adanya pengurasan akan berakibat pada terganggunya produksi dan distribusi, untuk itu pihaknya memohon maaf atas terganggunya layanan ke masyarakat selama pengurasan berlangsung.

"Kegiatan pengurasan ini bertujuan untuk menjaga kualitas agar kejernihan produksi air bersih dapat dipertahankan. Semoga pengurasan berjalan lancar agar distribusi ke masyarakat juga cepat normal," ucapnya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019