Samarinda, (Antaranews Kaltim) -Target Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk merampungkan pembangunan Jembatan Mahakam IV pada akhir tahun 2018 dipastikan belum tuntas.


Hingga saat ini jembatan yang dibangun berdampingan dengan Jembatan Mahakam I itu masih dalam proses pengerjaan, bahkan bentang tengah jembatan belum semuanya tersambung satu dengan lainnya.

Plt Kabid Bina Marga Dinas PU Kaltim, Runandar kepada awak media di Samarinda, Senin, mengatakan saat ini progres fisik jembatan sudah mencapai 90 persen.

Menurut Runandar, molornya target penyelesaian pengerjaan karena pembangunan sudah memasuki tahap pemasangan kabel jembatan yang membutuhkan ketelitian.

"Selain itu faktor cuaca juga menghambat para pekerja menuntaskan pengerjaan jembatan," jelasnya.

DIa optimis bakal menyelesaikan pekerjaan yang tersisa kurang dari 50 hari mengingat semua material yang dibutuhkan sudah ada di lapangan.

"Tidak perlu khawatir. Karena material sudah di lapangan semua. Tinggal pemasangan saja. Termasuk hanging stick yang sudah dalam tahap pemasangan," ucapnya. 

Jembatan yang memiliki panjang 220 meter, lebar 16,9 meter, dan tinggi clearance vertikal 22 meter ini dibangun guna mengurai kemacetan di Samarinda yang menghubungkan Samarinda Kota dan sekitarnya menuju Samarinda Seberang dan Kota Balikpapan.

Sebelumnya Pj Sekda Prov Kaltim Meiliana mengakui faktor cuaca sebagai salah satu penghambat selesainya pembangunan Jembatan Mahakam IV. 

Kendati molor, Pemprov Kaltim belum memberikan sanksi kepada kontraktor yang telah meminta tambahan waktu pengerjaan dan tahun 2019 awal sudah bisa dipergunakan. 

"Teguran saja ke kontraktor, kita evaluasi juga dimana kekurangannya dan bagaimana solusinya. Kalau sanksi sepertinya tidak ada. Nanti saya juga akan tinjau ke lapangan," ucap Meiliana.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018