Balikpapan (Antaranews Kaltim) - Bank Indonesia (BI) kembali menghibahkan perpustakaan khusus yang disebut BI Corner kepada sejumlah sekolah dan perguruan tinggi di Kalimantan Timur.

"Ada tujuh unit BI Corner yang kami sumbangkan ke sekolah di Berau hingga Penajam Paser Utara," kata Kepala Perwakilan BI Balikpapan, Suharman Tabrani, Minggu.

Para penerima hibah tersebut adalah SMAN 1 Tanjung Redeb di Berau, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 20 Tenggarong, SMAN 1 Samarinda, SMA Kristen Sunodia, SMPN 20 Balikpapan, dan SMKN 1 Penajam Paser Utara, serta Politeknik Negeri Balikpapan.

BI Corner berupa perpustakaan yang berisi buku-buku bertema perbankan, moneter, finansial, kewirausahaan, dan kisah-kisah inspiratif.

BI menyumbangkan tidak kurang dari seribu buku untuk setiap BI Corner. Setiap BI Corner juga dilengkapi dengan komputer internet. Agar siswa dapat lebih mengenal tugas dan fungsi BI sebagai bank sentral," ujar Suharman.

Pengetahuan akan tugas dan fungsi BI itu diharapkan bisa bermanfaat kelak untuk memahami kebijakan-kebijakan yang dibuat BI berkenaan tugas dan fungsinya seperti menjaga nilai tukar rupiah.  Ketujuh BI Corner yang baru ini bagian dari target 1.000 BI Corner pada 2020 di seluruh Indonesia.

Penyerahan BI Corner kepada sekolah-sekolah tersebut adalah bagian dari kesemarakan acara Festival Ekonomi Syariah (FESyar) di Balikpapan pada 2-3 November 2018.

Sebelumnya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda di Jalan HM Rifaddin, Palaran, ada kuliah umum oleh Kepala Departemen Regional III BI, Wiwiek Sisto Hidayat.

Sisto Hidayat menyampaikan perkembangan terbaru perekonomian syariah di berbagai level dan berbagai hal mengenai tugas dan fungsi BI.

Hadirin yang berjumlah tidak kurang dari seribuan mahasiswa dan civitas akademika dari berbagai kampus di Samarinda terlihat antusias dengan aktif bertanya.(*)


 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018