Penajam (Antaranews Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada pemilih pemula di daerah itu yang dikemas dalam "goes to school".

"Potensi pemilih pemula itu cukup besar," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara, Feri Mei Effendi di Penajam, Jumat.

Sosialisasi Pemilu tersebut menurut dia, sebagai proses penyampaian informasi mengenai tahapan dan program penyelenggaraan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Sosialisasi itu juga untuk pendidikan pemilih yakni, penyampaian informasi meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran pemilih pemula terkait pemilihan umum.

"Sosialisasi dan pendidikan pemilih keharusan bagi penyelenggara yang dilakukan secara berkesinambungan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih," ujar Feri.

Sebagai penyelenggara Pemilu lanjut dia, KPU harus melakukan kegiatan sosialisasi tersebut baik menjelang tahapan dan penyelenggaraan kepemiluan maupun di hari-hari biasa.

"Kegiatan itu memberikan pendidikan kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula agar berperan serta atau pelibatan masyarakat dalam Pemilu," jelas Feri.

Pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak 2018, Kabupaten Penajam Paser Utara meraih peringkat pertama di Kalimantan Timur dalam partisipasi masyarakat yang mencapai lebih kurang 70 persen.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat piagam dari KPU Provinsi Kalimantan Timur sebagai penghargaan tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak 2018 tersebut. 

Feri berharap kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019.

"Kami terus menggencarkan sosialisasi dan pendidikan Pemilu di dalam ruangan maupun di luar ruangan, diharapkan peserta sosialisasi dan pendidikan Pemilu menyebarluaskan informasi tahapan maupun pemungutan suara Pemilu 2019," katanya.(*)


 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018