Balikpapan (Antaranews Kaltim) - Manajemen PT Berau Coal mengingatkan masyarakat bahwa saat ini ada aksi penipuan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan perusahaan tambang batu bara di Berau, Kalimantan Timur, itu.

"Kali ini modusnya atas nama kami Berau Coal dengan memesan merchandise kepada vendor atau penyedia barang," kata Manajer Humas PT Berau Coal Arif Hadianto dalam keterangan terulisnya, Sabtu.

Jumlah pesanan oknum penipu ini cukup banyak. Penipu itu kemudian meminta vendor tersebut datang ke Berau untuk bertemu sekaligus meresmikan kerja sama.

Untuk datang ke Berau, vendor dipersilakan membeli tiket pesawat dengan cara transfer uang ke agen yang sudah ditunjuk oknum itu dan juga perlu membayar biaya-biaya lain, yang nantinya akan diganti sesampainya di Berau. "Padahal tidak ada itu semua," tegas Arif.

Ia juga mengungkapkan, dengan modus ini sudah ada dua orang yang menjadi korban, yakni satu pengusaha di Yogyakarta dan satu lagi di Bali.

Berau Coal mengetahui penipuan ini dari konfirmasi yang dilakukan korban ke surat elektronik resmi perusahaan yang tercantum di alamat surat atau akun media sosial Berau Coal.

Selintas cara penipu menjalankan aksinya memang sangat meyakinkan. Oknum itu menggunakan alamat email seolah-oleh resmi email perusahaan, juga memperlihatkan akun media sosial miliknya untuk membuktikan dirinya benar karyawan.

Kemudian ketika korban mulai terjerat dengan sudah mau membeli tiket, sang penipu mendesak vendor segera melakukan pembayaran sambil sesekali mengancam bahwa jika terlambat maka pihaknya akan mencari vendor lain.

Arif mengimbau masyarakat untuk berhati-hati bila ada yang mengatasnamakan Berau Coal, namun kemudian meminta pembayaran di muka atau membeli sesuatu terlebih dahulu.

"Kami tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan atau biro jasa, baik dalam proses seleksi calon karyawan maupun proses kerja sama lainnya yang mengatasnamakan perusahaan,” tegas Arif.

Ia menambahkan, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan seleksi karyawan atau pun kerja sama seperti pengadaan barang atau jasa di PT Berau Coal. "Jika ada yang minta uang dalam prosesnya, itu pasti penipuan," tegasnya lagi.

Lebih jauh, untuk mengantisipasi upaya penipuan menggunakan nama PT Berau Coal, Arif menyebutkan bahwa proses perekrutan pegawai PT Berau Coal hanya melalui situs resmi www.beraucoalenergy.co.id dan www.recruitment.sinarmasmining.com. Kemudian setiap pengumuman maupun informasi atas nama perusahaan apabila melalui surat elektronik atau email maka menggunakan domain @beraucoal.co.id dan @sinarmasmining.com, bukan domain lainnya.

Jika mendapati informasi atau tawaran mencurigakan yang mengatasnamakan PT Berau Coal, masyaraat dapat mengkonfirmasinya melalui email tongki.wibowo@beraucoal.co.id atau melalui telepon ke nomor 0554-23400 ext 5253, atau mengecek ke website resmi PT Berau Coal di www.beraucoalenergy.co.id dan http://recruitment.sinarmasmining.com atau media sosial resmi perusahaan. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018