Penajam (Antaranews Kaltim) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana merevisi harga eceran tertinggi elpiji tabung ukuran 3 kilogram, karena tingginya biaya pendistribusian di sejumlah wilayah setempat.

"Kami akan melakukan perubahan harga eceran tertinggi (HET)," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah atau Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, ketika ditemui di Penajam, Rabu.

Menurut ia, perubahan HET elpiji ukuran 3 kilogram itu, karena tingginya biaya pendistrbusian atau penyaluran di sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kendati kelangkaan elpiji bersubsidi yang dikenal dengan sebutan tabung gas melon masih menjadi permasalahan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Disperindagkop UKM setempat tetap berencana melakukan penyesuaian HET.

Sejak 1 Januari 2015 hingga kini HET elpiji tabung ukuran 3 kilogram sebesar Rp20.000 per tabung yang diberlakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara di seluruh wilayah di daerah setempat.

"Nantinya HET di sebagian wilayah akan mengalami kenaikan dan di sebagian wilayah mengalami penurunan dari HET yang berlaku saat ini," jelas Rusli.

Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara akan memberlakukan HET sistem zonasi atau wilayah pendistribusian.

Penyesuian HET tabung gas melon dilakukan dengan harga relatif sesuai jarak penyaluran di setiap wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Di sejumlah wilayah biaya pendistribusian elpiji cukup tinggi, seperti di wilayah pesisir dan Kecamatan Sepaku," tambahnya.

Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara akan memberlakukan HET berbeda seperti di wilayah Kelurahan Jenebora, Pantai Lango dan Gersik HET elpiji sebesar Rp21.000 per tabung. Semantara di wilayah Kecamatan Penajam direncanakan sebesar Rp18.000 per tabung.

Menurut rencana, penyesuaian HET elpiji diberlakukan setelah dioperasikannya stasiun pengisian bahan bakar elpiji yang berlokasi di Kecamatan Babulu. (*)
Baca juga: Pengoperasian SPBE turunkan HET elpiji di Penajam
Baca juga: Harga elpiji melon di Penajam melonjak Rp30.000/tabung

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018