Tana Paser (Antaranews Kaltim) - Perwakilan perusahaan PT Kideco Jaya Agung mengikuti kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang dilaksanakan pemerintah Kecamatan Muara Samu, Paser, Rabu (7/2).

Musrenbang yang dibuka Wakil Bupati Paser Mardikansyah itu diikuti para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Camat Muara Samu Ardiansyah,  Manajer CSR PT Kideco Suryanto, para kepala desa dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam musrenbang itu, moderator IG Putu Suantara yang juga Kepala Bappeda Kabupaten Paser memberi kesempatan perwakilan Kideco memberi masukan terkait rencana  program pembangunan tahun 2019 di Muara Samu.

Manager CSR Kideco Suryanto mengatakan bahwa Kideco selalu berkomitmen membantu pembangunan infrastruktur dasar di Muara Samu.

"Semua  pihak termasuk kideco harus berperan membantu pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat," katanya. 

Menurut dia,  dalam memberikan bantuan, Kideco terlebih dahulu menentukan skala prioritasnya.

"Tidak mungkin perusahaan mengakomodasi semua usulan bantuan pembangunan infrastruktur yang disampaikan masyarakat. Misalnya seperti listrik, air bersih dan jalan. Tidak mungkin semuanya diakomodasi, mana yang prioritas dulu," ujar Suryanto.

Pada kesempatan itu, Suryanto menekankan bahwa permasalahan infrastruktur dapat diatasi bersama antara perusahaan dengan pemerintah daerah.

"Seberapa besar permasalahan infrastruktur yang dihadapi, bila perusahaan yang ada di Paser dan pemerintah daerah setempat duduk bersama mencari solusi, niscaya hal itu mudah diselesaikan," ujarnya.

Suryanto mencontohkan untuk pembangunan jalan sepanjang 10 kilometer, sebagian dikerjakan oleh pemda sepanjang 3 Kilometer dan selebihnya dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di daerah itu.

"Jika itu dilakukan, mungkin pembangunan jalan tidak menunggu sampai tiga tahun," ujar Suryanto. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018