Batu Kajang, Paser (ANTARA Kaltim) - PT Kideco Jaya Agung meraih grand platinum untuk kategori program dan satu piala untuk CEO Terbaik pada ajang Indonesia CSR Award 2017 yang berlangsung pekan lalu di Jakarta.

Pada ajang tiga tahunan yang diselenggarakan Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) itu, Kideco meraih enam penghargaan platinum, dua glod dan tiga terbaik pertama untuk kategori perseorangan, dari total 11 program yang diikutsertakan.

Manajemen Kideco yang hadir pada acara itu, antara Presiden Direktur Lee Jong Beom, Direktur Yoo Hun Jae, Team Manager Kim Dae Woo, General Manager Eksternal Siswoko, First Manager CSR Suriyanto, Manager External & Tehnical Support Deny Rianto, Assistant Manager CSR HM Luqman Hakim, dan Supervisor CSR Hikmatullah.

General Manager External Relations PT Kideco Jaya Agung, Siswoko, mengatakan bahwa keberhasilan ini berkat komitmen serta keseriusan perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan program CSR bagi masyarakat di lingkar tambang.

"Ini adalah buah manis dari hasil kerja keras semua elemen yang terlibat, baik manajemen, karyawan, masyarakat, mitra, dan semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu," katanya.

Siswoko berharap apresiasi yang luar biasa dari CFCD dan BSN ini semakin memberikan motivasi kepada perusahaan dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial (CSR), sehingga terus dapat menebar manfaat untuk masyarakat.

First Manager CSR Kideco Suriyanto, selaku orang yang terjun langsung membidangi CSR ini, menambahkan, "komitmen, niat tulus serta kesabaran kami dalam melaksanakan dan menjalankan CSR bagi masyarakat khususnya lingkar tambang dan umumnya Kabupaten Paser kembali berbuah hasil yang sangat baik".

Indonesian CSR Award adakah sebuah ajang yang mempertemukan banyak pemangku kepentingan yang peduli terhadap tanggung jawab sosial dan pengembangan masyarakat, mulai dari unsur pemerintah pusat dan daerah, kementerian, para pakar serta akademisi, praktisi CSR dari perusahaan dan LSM, hingga para mitra perusahaan.

Dalam kegiatan ICA 2017 bidang program yang dinilai kembali berbasis ISO 26000 SR yang diadaptasi dengan cakupan lebih luas meliputi tujuh subjek utama, Organizational Governance, Human Rights, Labor Practices, The Environment, Fair Operating Practices, Consumer Issues, Community Involvement and Development, serta isu-isu setiap subjek utama.

Kegiatan tahun ini diikuti sebanyak 27 perusahaan, terdiri dari 13 perusahaan tambang dan energi, 12 perusahaan industri dan manufaktur, satu perusahaan bidang pertanian dan agroindustri, serta satu perusahaan jasa, dengan total 96 program tingkat perusahaan dan 12 program tingkat perseorangan.

Proses penilaian ICA 2017 sangat berbeda dibanding sebelumnya, di mana seluruh formulir isian berbasis dalam jaringan, sedangkan penilaian tetap dibagi menjadi tiga tahapan.

Pertama, penilaian formulir isian dan lembar kuisioner pada seleksi tahap pertama yang menempatkan Kideco meraih nilai tertinggi. Kedua, presentasi yakni peserta melakukan presentasi di hadapan komite penilai sesuai masing-masing unggulan nominasi yang diajukan berdasarkan hasil penilaian seleksi tahap kedua.

Tahap Ketiga adalah komite penilai melakukan kunjungan lapangan ke masing-masing lokasi nominasi program untuk memverifikasi dan bertanya kepada para pemetik manfaat secara langsung. (Adv/*)

Tabel perolehan penghargaan yang diraih KIDECO pada ajang

 Indonesian CSR Award 2017:

 

No

Uraian

Bid.Program/Karya Tulis

Tingkat

Keterangan

1

Lingkungan Isu 2; Penggunaan Sumber Daya Berkelanjutan

Pemberdayaan Petani Berbasis Pertanian Berkelanjutan “Kampong CSR to SDGs

Perusahaan

Platinum

2

Pelibatan dan Pengembangan Komunitas Isu 2; Pendidikan dan Kebudayaan

Yayasan Bina Bersama Kideco “School Development Program”

Perusahaan

Platinum

3

Pelibatan dan Pengembangan Komunitas Isu 3; Penciptaan Lapangan Kerja dan Pengembangan Keterampilan

Pemberdayaan Kelompok Tani Harapan Mandiri dan Rindang Jaya

Perusahaan

Platinum

4

Pelibatan dan Pengembangan Komunitas Isu 5; Penciptaan Kekayaan dan Pendapatan

Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Rangan Indah

Perusahaan

Platinum

5

Pelibatan dan Pengembangan Komunitas  Isu 6; Kesehatan

Pemberdayaan Posyandu Manunggal “Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Perusahaan

Platinum

6

Pelibatan dan Pengembangan Komunitas  Isu 7; Investasi Sosial (Infrastruktur)

Pemberdayaan dan Pembangunan Infrastruktur dalam Menunjang Pelayanan Publik

Perusahaan

Platinum

7

Lingkungan Isu 3; Mitigasi Perubahan Iklim dan Adaptasi

Pemberdayaan dan Penerapan Prinsip K3LH dalam Pencapaian Zero Accident dan Polution

Perusahaan

Gold

8

Pelibatan dan Pengembangan Komunitas  Isu 6; Kesehatan

Pengelolaan Air Bersih Berbasis Energi Terbarukan dengan Sistem Solar Cell dan Gravitasi

Perusahaan

Gold

9

Tingkat CEO/ Lee Jong Beom

Green Company

Perseorangan

Terbaik 1

10

Tingkat Management/ M.Idin Arake

“KIDECO, GREEN MINING COMPANY”

‘Upaya KIDECO sebagai Perusahaan Tambang Ramah Lingkungan’

Perseorangan

Terbaik 1

11

Tingkat Lapangan/ H.M Luqman Hakim

CSR, Reputation & Corporate Image

Perseorangan

Terbaik 1

12

Over All

6 Platinum

Perusahaan

Trophy

Grand Platinum

13

Tingkat CEO

CEO Terbaik

Perseorangan

Trophy

CEO Terbaik


Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017