Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, mengarak Piala Adipura Buana yang dimulai dari pelabuhan feri Kecamatan Penajam sampai Kecamatan Waru dan kembali di kantor bupati.

Sebelum diarak, Piala Adipura Buana kategori kota kecil yang diterima Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Jakarta, Kamis (3/8), itu, diserahkan kepada petugas kebersihan.

Kendati hujan gerimis, ratusan pasukan oranye dan hijau (petugas kebersihan dan pertamaman) tetap semangat mengarak piala tersebut keliling wilayah Penajam Paser Utara.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ menerima kedatangan arak-arakan Piala Adipura Buana di halaman kantor sekretariat kabupaten.

Wabup menyampaikan apresisasi setingi-tingginya kepada seluruh masyarakat atas diraihnya kembali Piala Adipura Buana pada 2017.

"Tidak terkecuali petugas kebersihan dan pertamanan sebagai barisan terdepan menjaga kebersihan dan keasrian wilayah Penajam Paser Utara," ujar Mustaqim.

Menurut ia, keberhasilan meraih kembali Piala Adipura Buana bukan hanya kerja keras instansi terkait serta petugas kebersihan dan pertamanan, namun juga peran serta seluruh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Petugas kebersihan dan pertamanan juga harus menyampaikan kepada masyarakat, bahwa keberhasilan Ini juga keberhasilan seluruh warga," ujarnya

Mustaqim menambahkan, Piala Adipura Buana bukan tujuan utama, namun kebersihan ini dijadikan budaya hidup masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil meraih Piala Adipura Buana setelah mendapatkan nilai 76, lebih tinggi dari nilai tahun sebelumnya yang hanya 74.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017