Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Korban kebakaran di RT22 Jalan Sumber Sari, Sepinggan, Balikpapan, diusulkan untuk mendapatkan bantuan uang sewa rumah setidaknya sampai 3 bulan ke depan.

"Agar mereka bisa cepat pulih, baik secara psikologis maupun secara ekonomi juga," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Balikpapan, Jumat.

Besaran bantuan itu belum ditentukan. Dari beberapa kejadian kebakaran sebelumnya, jumlah bantuan sewa rumah berkisar Rp500 ribu-Rp750 ribu per kepala keluarga. Lamanya bantuan maksimal hingga 6 bulan.

Nilai Rp500 ribu-Rp750 ribu di Balikpapan cukup untuk menyewa rumah permanen dengan sekurangnya 2 kamar lengkap dengan kamar mandi, sambungan air bersih, dan listrik PLN.

Bahkan pada beberapa lingkungan tertentu, sudah ada yang dilengkapi dengan telepon dan wifi.

"Mudah-mudahan bisa segera dibantu," kata Camat Balikpapan Selatan Haemuri Umar pada kesempatan terpisah.

Kebakaran di Sepinggan terjadi Rabu (29/6) sekitar pukul 20.00. WIB. Kebakaran menghanguskan 11 rumah dengan 11 keluarga atau seluruhnya 38 jiwa kehilangan tempat tinggal dan sejumlah harta benda.

Dinas Sosial menyediakan tenda dan dapur umum di dekat lokasi bencana untuk tempat tinggal sementara para korban.

Para pemadam kebakaran mengaku mengalami sejumlah kesulitan dalam upaya pemadaman.

"Mungkin karena kejadiannnya belum terlalu malam dan masih dalam suasana Lebaran, banyak warga berdatangan ke lokasi, yang akhirnya malah menghalangi jalan mobil pemadam dan upaya pemadaman yang kami lakukan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Ambo Dale.

Akibatnya, meski pasukan pemadam kebakaran sampai lokasi cukup cepat dan segera beraksi, api sempat melalap hingga 11 rumah.

"Selain memang rumah-rumah di sini banyak yang semipermanen, dari bahan kayu, berdempetan, gang sempit, dan di lereng," demikian Ambo Dale.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017