Penajam (ANTARA Kaltim) -  Anggota Satuan Polisi Pamong Praja se Kalimantan Timur, memasang kanopi di sepanjang Pantai Tanjung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, rangkaian kegiatan perayaan hari jadi ke-67 Satpol PP tingkat provinsi.

Perayaan hari ulang tahun Satpol PP tingkat Provinsi Kalimantan Timur digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara diwarnai dengan berbagai kegiatan bakti sosial.

"Rangkaian kegiatan HUT Satpol PP tingkat Provinsi Kaltim 2017, tidak hanya diisi perlombaan kreativitas dan kemampuan, tapi juga kegiatan bakti sosial," jelas Pelaksana tugas Kasatpol PP Kabupaten Penajam Paser Utara Budi Santoso, ketika ditemui di Penajam, Rabu.

Bakti sosial yang dilakukan tersebut menurut ia, di antaranya memasang kanopi di setiap tempat peristirahatan yang berdiri di sepanjang Pantai Tanjung, Kecamatan Penajam, membuat tempat pembuangan sampah sementara dengan memanfaatkan ban bekas dan kegiatan bakti sosial lainnya.

"Kegiatan bakti sosial itu sebagai upaya pendekatan kepada masyarakat, selama ini masyarakat sering memandang negatif personel Satpol PP, bahkan menyebutnya penjahat," kata Budi Santoso.

Untuk itu melalui kegiatan bakti sosial pada perayaan HUT Satpol PP, mencoba membuktikan kepada masyarakat bahwa penilaian masyarakat terhadap anggota Satpol PP itu keliru atau salah.

Selain itu, pada perayaan HUT Satpol PP tingkat Provinsi Kaltim, juga dirangkai dengan pertandingan bola voli pantai dan catur, lomba kemampuan dan ketahanan fisik, senam kesegaran jasmani, serta sarasehan.

Perayaan hari jadi Satpol PP tingkat Provinsi Kalimantan Timur tersebut digelar mulai 20 sampai 24 Maret 2017.

Puncak acara perayaan HUT Satpol PP lanjut Budi Santoso, akan digelar di lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kamis (23/3).

"Pembukaan perayaan hari jadi Satpol PP tingkat Provinsi Kaltim dilakukan di Pantai Tanjung, Senin (20/3)," ujarnya.

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dijadwalkan akan menutup kegiatan perayaan HUT Satpol PP tingkat provinsi tersebut.

"Acara penutupan juga ada parade defile dari masing-masing perwakilan Satpol PP kabupaten/kota se Kalimantan Timur," ucap Budi Santoso.

Dia berharap, melalui kegiatan perayaan hari jadi Satpol PP, seluruh anggota Satpol PP di Kalimantan Timur, ke depannya dapat lebih humanis dan bersikap profesional dalam melaksanakan tugas.

"Persoalan paling krusial yang sering dihadapi petugas penegak perda di lapangan adalah minimnya pengetahuan masyarakat tentang aturan daerah," tambah Budi Santoso. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017