Penajam (ANTARA Kaltim) -  Volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sepanjang tahun 2016 rata-rata mencapai 51,69 ton per hari.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar saat ditemui di Penajam, Kamis, mengatakan sampah yang dihasilkan masyarakat dan diangkut petugas kebersihan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Buluminung mengalami peningkatan setiap tahun.

Jika dibanding data 2015, volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara selama 2016 meningkat sekitar 2 ton per hari.

"Data dari instasi terkait, peningkatan volume sampah dari tahun ke tahun mencapai lima hingga 10 persen," kata Tohar.

Data Dinas Kebersihan setempat mencatat produksi sampah di Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2013 sekitar 47,38 ton per hari dan baik menjadi 48,77 ton per hari pada 2015. Selanjutnya pada 2015, volume sampai kembali meningkat menjadi 50,21 ton per hari.

Tohat menambahkan proyeksi sampah yang dihasilkan masyarakat tersebut berdasarkan Standar Nasional Indonesia atau SNI untuk kategori kota kecil dengan rata-rata sampah yang dihasilkan 0,3 kilogram per jiwa.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berharap seluruh masyarakat di daerah setempat dapat memilah sampah rumah tangga sebelum membuang ke tempat pembuangan sementara atau TPS.

"Masyarakat diminta memilah sampah rumah tangga yang akan dibuang ke TPS untuk mengurangi volume sampah di TPA Buluminung," ujar Tohar.

Dia menambahkan peningkatan volume sampah tersebut terjadi seiring perkembangan daerah dengan penambahan jumlah penduduk, serta makin terbukanya kawasan permukiman baru.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara meminta partisipasi masyarakat dan kesigapan petugas kebersihan untuk menangani persoalan sampah yang jumlahnya terus mengalami peningkatan.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017