Samarinda (ANTARA Kaltim) - Perhelatan akbar dua tahunan musabaqah tilawatil Qur’an para abdi negara dan pelayanan masyarakat tingkat nasional di Kaltim dinilai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo terlaksana sukses.

Hal tersebut diungkapkan Mendagri usai menutup MTQ Korpri III tingkat Nasional 2016 di Halaman Masjid Baitul Muttaqien Komplek Islamic Center Kaltim.

Menurut dia, ukuran kesuksesan terlihat dari jumlah kafilah yang mengikuti serta prestasi yang diraih para peserta  dari 21 kementerian/lembaga dan 30 provinsi se-Indonesia.

“MTQ ini sangat sukses. Dilihat dari waktu penyelenggaraan selama delapan hari yang diikuti 646 peserta dari 51 kafilah dari 21 kementerian/lembaga maupun 30 provinsi. Terlaksana aman dan damai serta menghasilkan prestasi bagi anggota Korpri yang tidak lain aparatur sipil negara (ASN) atau PNS,” katanya.

Selain itu, Tjahyo Kumolo menyatakan apresiasinya atas dukungan penuh Pemprov  bersama jajaran DP Korpri Kaltim dan masyarakat di daerah sehingga MTQ berjalan sukses.

Dia berharap penyelenggaraan MTQ ini tidak semata berlomba dan meraih juara tetapi lebih pada pemaksanaan isi Al Qur’an bagi abdi negara dan pelayan masyarakat.

“Hikmahnya anggota Korpri meningkat jiwa spiritualnya berimbas pada keikhlasan bekerja dan melayani masyarakat,” katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengemukakan dukungan penuh Pemprov dan masyarakat Kaltim sehingga MTQ terlaksana sukses.

“Semoga MTQ ini tidak saja untuk berlomba dan prestasi tetapi lebih pada menguatkan ukhuwah sesama anggota Korpri dan syiar Islam di jajaran ASN seluruh Indonesia,” ujarnya.

Juara umum diraih Sulawesi Tenggara dan berhak menerima trofi bergilir Presiden serta uang pembinaan dari Mendagri. Sedangkan Kaltim meraih juara pertama pawai ta’aruf, juara  tiga Khatt Qur’an putri dan harapan pertama Hifzh Qur’an putri.

Hadir  Ketua Umum DP Korpri Nasional Zudan Arief Fakhrullah, Ketua DP Korpri Kaltim Dr H Rusmadi dan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun serta Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim Meiliana dan Ketua Dewan Hakim MTQ H Said Aqil Munawar.(Humas Prov Kaltim/yans)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016