Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Kantor Bahasan Provinsi Kalimantan Timur mengumumkan para juara lomba penulisan esai dan feature, sehingga semua pemenang dari masing-masing kategori berhak menerima uang pembinaan total Rp19,5 juta.
   
"Enam orang ditetapkan oleh dewan juri sebagai pemenang lomba penulisan esai dan enam orang lainnya ditetapkan menjadi pemenang lomba penulisan feature," ujar Koordinator LombaPenulisan Esai dan Feature Aminudin Rifai di Samarinda, Rabu.
   
Kedua lomba tersebut diadakan oleh Kantor Bahasa Kaltim dengan peserta mahasiswa dan masyarakat umum se-Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara), melalui penjaringan naskah dilakukan sejak pertengahan Agustus 2016 sampai akhir Oktober 2016.
  
 "Hasil penjurian yang dilaporkan ke panitia, dilakukan pada 7 November 2016 untuk lomba penulisan feature, kemudian pada 9 November 2016 untuk lomba penulisan esai," tutur Aminudin yang telah menulis beberapa judul buku ini.
   
Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan senilai total Rp9,75 juta per kategori. Rinciannya adalah juara 1 Rp3 juta, juara 2 Rp2,5 juta, dan juara 3 Rp2 juta.
   
Kemudian untuk juara harapan 1 mendapat Rp1 juta, pemenang harapan 2 Rp750 ribu, dan juara harapan 3 senilai Rp500 ribu untuk masing-masing kategori.
   
Rincian para pemenang adalah untuk kategori feature juara 1 Rochima Firmadhonna dari Samarinda dengan naskah berjudul "Nyala untuk Pejuang Literasi Kaltim".
   
Juara 2 atas nama Muthi Masfuah dari Bontang dengan naskah "Tri Wahyuni: Perjuangan, Cinta, dan Menulis". Juara 3 diraih Wiki Kridayanti dari Balikpapan dengan naskah "Kesahajaan di Balik Ketenaran".
   
Juara 4 atas nama Dwi Rahmawati dari Samarinda dengan naskah "Inni Indarpuri: Sastrawan Kaltim nan Mempesona". Juara 5 Herlina Sumanti dari Samarinda dengan naskah "Amien Wangsitalaja: Sosok Pejuang Sastra Kaltim", dan juara 6 Adi Bugman dari Samarinda dengan naskah "Oemar Bakrie Penginspirasi, Hidup dengan Sabar dan Syukur".
   
Untuk kategori esai, juara 1 diraih Agustinus Wahyono dari Balikpapan dengan naskah berjudul "Kemiskinan Sastra dalam Provinsi Terkaya di Indonesia". Juara 2 Novian Andri Sukartono dari Tenggarong dengan naskah "Tarsul: Sastra Kutai dan Ancaman Kepunahan".
   
Juara 3 Pandu Pratama Putra dari Samarinda dengan naskah "Menumbuhkan Kreativitas Berpikir Siswa Sekolah Melalui Pencarian Ide Serta Penciptaan Cerita-cerita Fiktif".
   
Juara 4 Kukuh Elyana dari Samarinda dengan naskah "Belajar Karya Sastra dengan Mudah di Masa Teknologi Informasi", juara 5 Alfisyahrin Fitriani dari Samarinda dengan naskah "Rasionalitas dalam Irasionalitas Sastra", dan juara 6 Sunaryo Broto dari Bontang dengan naskah "Bagaimana Sastra Kaltim Pasca-KLR Pergi". *

Pewarta: Muhammad Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016