Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan proyek pemasangan jaringan pipa untuk distribusi air bersih sepanjang 30 kilometer bisa rampung pada 2017.

Kepala Bidang Cipta Karya DPU Kimpraswil Kabupaten Penajam Paser Utara Supardi ketika ditemui di Penajam, Jumat, mengatakan pemasangan pipa distribusi air bersih itu untuk menjangkau warga di Kecamatan Penajam.

Pemasangan jaringan pipa air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Penajam Paser Utara yang menelan anggaran sekitar Rp30 miliar tersebut mulai dikerjakan pada 2015.

"Pipanisasi untuk distribusi air bersih PDAM kepada pelanggan yang mulai dikerjakan pada 2015 itu ditargetkan selesai 2017 dan saat ini pengerjaan sudah sesuai jadwal," kata Supardi.

Pemasangan jaringan pipa untuk distribusi air bersih di wilayah Kecamatan Penajam itu dilakukan di daerah berkembang, di antaranya daerah Buluminung, Perumahan Korpri dan di daerah "coastal road".

"Cakupan pemasangan pipa transmisi air bersih yang sedang dilakukan itu mencapai 30 kilometer," jelas Supardi.

Menurut ia, pemasangan jaringan pipa transmisi PDAM tersebut untuk mendistribusikan air bersih kepada pelanggan baru, khususnya di daerah "coastal road".

Selain itu, pemasangan jaringan pipa untuk distribusi air bersih juga sebagai persiapan pembangunan kawasan wisata dan pengembangan kawasan pesisir dengan konsep "water front city" di wilayah Penajam Paser Utara.
"Jaringan pipa transmisi juga akan menjangkau wilayah Kelurahan Petung yang selama ini belum terjangkau layanan air bersih," tambahnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016