Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Fraksi PKS di DPRD Kalimantan Timur meminta Pemerintah Provinsi setempat bisa memberikan perhatian yang lebih baik, khususnya kepada sekolah swasta di tingkat menengah.

Juru bicara Fraksi PKS di DPRD Kaltim, Gunawarman di Samarinda, Minggu, mengatakan sekolah swasta juga mempunyai peranan besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kaltim.

"Apalagi untuk pendidikan sekolah menengah saat ini sudah mengarah pada pendidikan teknologi dan informatika, sehingga dibutuhkan para pendidik yang punya kualitas akan hal tersebut," ujar Gunawarman.

Fakta di lapangan, lanjutnya banyak disampaikan keluhan terkait dengan keberadaan sekolah swasta, seperti halnya mutu pendidikan, kesejahteraan para pendidik, ataupun terkait fasilitas sarana dan prasarana pendidikan.

"Berbagai keluhan sekolah swasta ini juga perlu perhatian dan tanggung jawab Pemerintah," ucapnya.

Ia mengatakan pada dasarnya Fraksi PKS mendukung kelanjutan pembahasan Raperda tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, namun harus dalam porsi yang berkeadilan.

Gunawarman menyinggung soal lampiran UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah tercantum pembagian urusan pemerintah antara kabupaten/kota, provinsi, dan pemerintah pusat dalam bidang pendidikan.

"Ada enam sub urusan yang dibagi kewenangannya. Namun hanya lima yang diberikan porsinya kepada Pemprov. Adapun pembagian urusan pendidikan tersebut adalah manajemen pendidikan, kurikulum, pendidikan dan tenaga kependidikan, perizinan pendidikan, bahasa serta sastra," jelasnya.

Ia menambahkan terkait tanggapan mengenai Raperda tentang Pelayanan Publik, pihaknya mendukung komitmen Pemprov Kaltim untuk meningkatkan pelayanan kepada publik.

"Kita semua tentu mengharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang prima dari aparatur pemerintah," sebutnya.

Sementara terkait Raperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kaltim 2016-2026, Fraksi PKS berharap tetap diarahkan untuk kebijakan dan strategi pembangunan dalam 10 tahun ke depan.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016