Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam kembali akan memeriahkan pelaksanaan Festival Mahakam 2016, kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Muhammad Faisal.

"Salah satu kegiatan yang paling ditunggu warga Kota Samarinda setiap tahun saat digelar Festival Mahakam yakni, lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam. Tahun ini, kami kembali menggelar lomba tersebut dengan hadiah yang semakin menarik," kata Muhammad Faisal, di Samarinda, Minggu.

Festival Mahakam XVI kata Muhammad Faisal, akan digelar mulai 11 hingga 13 November 2016.

"Kami menyiapkan hadiah total Rp50 juta, pada lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam pada Festival Mahakam tahun ini. Semoga, lomba tersebut semakin menarik perhatian untuk diikuti masyarakat," ucap Muhammad Faisal.

Ia menyatakan, antusias masyarakat mengikuti lomba berenang menyebarangi Sungai Mahakam setiap tahun, terus mengalami peningkatan signifikan.

Tahun lalu. lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam tambah Muhammad Faisal diikuti 100 orang.

"Semoga tahun ini, kembali meriah dan kami berharap suatu saat dapat menarik perhatian perenang dari luar Kota Samarinda," harapnya.

"Lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam tahun ini, dibagi menjadi dua kategori yakni, kelompok junior putra dan junior putri serta juga ada senior putra dan putri. Ada rencana membuka kategori eksekutif untuk yang berumur 40 tahun keatas namun kami lihat dulu peminatnya," kata Muhammad Faisal.

Lomba berenang menyebarangi Sungai Mahakam itu tambah ia, akan dilaksanakan saat puncak Festival Mahakam XVI yakni pada Minggu (13/11) mulai pukul 07,00 Wita.

"Pusat kegiatan lomba akan dilaksanakan di Dermaga Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada Samarinda. Bagi yang berminat ikut, bisa mendaftarkan diri di sekretariatan panitia pelaksana di Kantor Disparkominfo Jalan Dahlia Samarinda," katanya.

"Bagi peserta yang akan ikut, kami meminta agar memastikan dulu tubuh dalam kondisi yang sehat sebagai syarat utama, karena kami juga akan melakukan cek kesehatan sebelum mengikuti lomba," ujar Muhammad Faisal. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016