Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Komunikasi Informatika Kota Samarinda, Kalimantan Timur, kembali menggelar acara Kemilau Sarung Samarinda.

"Tahun ini, kami kembali menggelar Kemilau Sarung Samarinda yang akan dilaksanakan pada 3 September 2016 di D`Concepts Mall Samarinda," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda Muhammad Faisal di Samarinda, Kamis.

Ia mengatakan penyelenggaraan Kemilau Sarung Samarinda tahun ini merupakan kelima kalinya dan tahun ini kami akan menampilkan berbagai desain dengan tematik busana dari bahan Sarung Samarinda.

Salah satu konsep yang mendasar yang berubah pada pelaksanaan Kemilau Sarung Samarinda 2016 adalah tema acaranya.

"Pada pelaksanaan Kemilau Sarung Samarinda sejak 2012 hingga 2015 menampilkan hasil karya desainer muda Samarinda dan para agency modelling saja. Namun, tahun ini kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada yang telah menggunakan kain Sarung Samarinda sebagai busana kerja di kantor dengan model dari para pekerjanya langsung," jelasnya.

"Jadi agar lebih semarak, tetap ada peragaan busana Sarung Samarinda dari para perancang Samarinda terpilih yang diutamakan mereka yang belum pernah ikut berpartisipasi sebelumnya dengan model para duta dan puteri pariwisata," tambah Faisal.

Ia menambahkan konsep "catwalk` juga dibuat berbeda seperti biasanya, namun tetap elegan dan modern untuk menambah sebuah suasana baru yang kreatif.

"Pelaksanaan Kemilau Sarung Samarinda 2016 akan menjadi tontonan yang menarik dan elegan. Kami mengajak seluruh warga untuk menyaksikannya," ucap Faisal.

Acara Kemilau Sarung Samarinda terlaksana atas kerja sama Dinas Pariwisata dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda.

Ketua Dekranasda Kota Samarinda Puji Setyowati menambahkan pihaknya mengundang 200 ibu-ibu dan para pemerhati mode untuk menyaksikan acara ini.

"Kami akan mengundang sekitar 200 ibu-bu dan para pemerhati mode dengan harapan dapat meningkatkan produksi Sarung Samarinda," katanya.

"Kami juga akan menghadirkan para perajin tenun Sarung Samarinda, sehingga mereka tahu dan mengerti perkembangan modelling. Hal yang lebih penting lagi, mereka dapat berinteraksi langsung dengan para perancang mengenai kebutuhan materi yang sedang tren saat ini," jelas Puji Setyowati.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016