Samarinda (ANTARA Kaltim) - Ratusan peserta bakal memeriahkan pelaksanaan Pawai Pembangunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahung Kemeridekaan ke-71 Republik Indonesia.

Koordinator Pawai Pembangunan HUT Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia Kota Samarinda, HM Faisal menyatakan, hingga hari ini (Senin) sudah 304 peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2016 tersebut.
   
"Tahun ini, kami kembali menggelar pawai pembangunan. Hingga dilaksanakan 'Tecnichal Meeteng' tadi pagi (Senin) sudah 304 peserta yang mendaftar. Ini tentu sangat menggembirakan sebab antusias masyarakat cukup besar mengikuti pawai pembangunan tahun ini," ujar Faisal.

Faisal yang juga sebagai Kepala Disparkominfo Kota Samarinda itu mengatakan, jumlah peserta tahun ini jauh lebih besar dibanding pelakasanaan pawai pembangunan tahun lalu (2015).

"Pendaftar sudah melewati jumlah peserta tahun lalu yakni hanya sekitar 250. Kami masih membuka pendaftaran hingga 17 Agustus 2016, namun tentu saja nomor peserta tidak akan diundi lagi tetapi langsung meneruskan nomor lanjutanya," jelasnya.

"Jadi, peserta pawai kategori kendaraan roda empat, nomor peserta tidak diundi namun peserta langsung mengurutkan kendaraannya berderet ke belakang, dimulai jalur bawah jalan balai kota menuju ke arah kantor wali kota hingga ke Jalan Cempaka," kata Faisal.

Pada malam sebelum dilaksanakan pawai tambahnya, tim koordinator kendaraan roda empat akan membagikan nomor urut peserta untuk ditempelkan di mobilnya masing-masing agar mempermudah acara dan penilaian dewan juri.

"Rute pawai pembangunan tahun ini dimulai dari halaman GOR Segiri, kemudian bergerak ke arah Jalan Bhayangkara menuju Jalan Awang Long, kemudian ke Jalan Jenderal Sudirman hingga ke Jalan M. Khalid, lalu ke Jalan Diponegoro, Imam Bonjol, Basuki Rahmat, Agus Salim dan kembali ke GOR Segiri di Jalan Kusuma Bangsa. Panggung kehormatan ada di Jalan Awang Long," beber Faisal.

Bagi warga yang ingin menyaksikan pawai pembangunan dapat menonton di sepanjang ruas jalan yang dilalui.

"Kami berharap warga tetap menjaga kebersihan, menjaga taman kota. Kami juga mengimbau warga tidak memakai perhiasan yang berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

"Pawai akan dimulai pukul 07,00 Wita. Jadi, kami meminta agar peserta datang tepat waktu dan langsung menyesuaikan nomor urut sesuai yang diberikan. Kami juga meminta kepada para peserta agar tidak mengganggu aktifitas masyarakat," ujr Faisal.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016