Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Temindung Samarinda, Kalimantan Timur Sutrisno menyatakan, satelit Terra Aqua per 11 Agustus 2018, mendeteksi dua "hotsspot" atau titik panas di wilayah Kalimantan Utara.

"Hari ini, sekitar pukul 05. 00 Wita, satelit Terra Aqua mendeteksi dua titik panas di wilayah Kalimantan Utara," ujar Sutrisno, dihubungi di Samarinda, Kamis.

Kedua titik panas yang terdeteksi di Provinsi Kalimantan Utara tersebut kata Sutrisno yakni, di Kecamatan Sungai Boh, Kabupaten Malinau.

"Kedua titik panas itu terdeteksi di wilayah Kecamatan Sungai Boh Kabupaten Malinau dengan tingkat `konfidensi` atau kepercayaan mencapai 88 dan 99 persen," kata Sutrisno.

Citra Satelit Terra Aqua tambah dia, juga mendeteksi sejumlah titik panas di wilayah Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur lainnya, namun umumnya tingkat kepercayaan berada di bawah 80 persen.

"Jika tingkat `konfidensi` berada di atas 80 persen, bisa dikatakan titik panas itu berasal dari kebakaran, apakah itu kebakaran lahan, hutan atau pemukiman," jelasnya.

"Tetapi, jika tingkat kepercayaan berada di bawah 80 persen, titik panas itu masih harus dikros cek, apakah akibat kebakaran. Bisa saja, titik panas dengan tingkat kepercayaan di bawah 80 persen akibat atap rumah dari pantulan sinar matahari, tumpukan batu bara atau sebab lain yang menghantar panas yang terdeteksi citra satelit," tutur Sutrisno.

Titik panas lainnya yang terdeteksi di wilayah Kalimantan Utara dengan tingkat kepercayaan dibawah 80 persen yakni, enam titik di Kecamatan Sungai Boh, Kabupaten Malinau dengan 45 hingga 99 persen tingkat kepercayaan, dan di Kecamatan Pujungan satu titik panas dengan tingkat kepercayaan 71 persen dan 63 persen di wilayah Kecamatan Malinau Kota.

Sejumlah wilayah di Kaltim yang terdeteksi titik panas dengan tingkat "konfidensi" di bawah 80 persen kata dia yakni, di Kabupaten Berau diantaranya, tiga titik di Pulau Derawan dengan tingkat kepercayaan mulai 68 hingga 71 persen, dua titik panas di Kecamatan Sambaliung dengan tingkat kepercayaan 55 dan 77 persen, dua titik panas di Kecamatan Segah dengan 50 dan 70 tingkat kepercayaan serta satu di Kecamatan Teluk Bayur dengan tingkat kepercayaan 74 persen.

Titik panas dengan tingkat kepercayaan 70 persen terpantau di wilayah Kecamatan Kombeng, Kabupaten Kutai Timur, dua titik panas terpantau di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten paser dengan tingkat kepercayaan 67 dan 77 persen. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016