Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 800 lowongan pekerjaan ditargetkan tersedia pada gelaran Pameran Pasar Kerja (Job Market Fair) 2016 di Dome Balikpapan, 29 Agustus-1 September mendatang.

Dari jumlah lowongan itu, diharapkan 600 pencari kerja berhasil mendapatkan pekerjaan.

"Pekerjaan itu berasal dari 80 perusahaan yang kami harapkan ikut berpameran," kata Kepala Bidang Pengembangan, Pelatihan, dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Balikpapan Bambang Supriyanto, Kamis.

Sementara ini Disnakersos sudah menjaring 9 perusahaan untuk turut berpameran. Tahun lalu, pameran seperti ini diikuti 80 perusahaan.

"Kami undang mereka berpartisipasi, terutama perusahaan yang sedang memiliki lowongan pekerjaan," lanjut Supriyanto.

Perusahaan-perusahaan di Balikpapan umumnya perusahaan penyedia jasa, mulai dari layanan di bidang industri minyak dan gas, perbaikan alat berat, hingga kuliner dan pariwisata seperti perhotelan.

"Kami tahu bahwa kondisi ekonomi sedang sulit sehingga malah banyak perusahaan yang mem-PHK karyawannya. Tapi kita kan tetap harus berusaha," kata Supriyanto.

Untuk melamar pekerjaan di pameran tersebut, bagi para pencari kerja disyaratkan sudah memiliki kartu kuning, kartu tanda terdaftar di Disnakersos sebagai pencari kerja. Syarat berikutnya adalah mengisi formulir yang dapat diperoleh di kantor Disnakersos di Gedung Tiga Dinas di Jalan Jenderal Soedirman. Formulir dapat diperoleh antara tanggal 8-28 Agustus 2016 ini.

"Syarat dapat formulir, harus sudah punya kartu kuning," kata Supriyanto.

Bagi Disnakersos, menurut Bambang Supriyanto, pameran seperti ini juga memberi manfaat kemudahan dan memperbaharui data, antara lain data jumlah pencari kerja maupun data mengenai jumlah dan berbagai jenis lowongan yang tersedia. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016