Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, terus memacu penanaman baru sejumlah komoditas perkebunan potensial, khususnya karet dan lada.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim Hj Etnawati di Samarinda, Selasa, mengatakan karet dan lada merupakan komoditas unggulan tanaman perkebunan yang terus dikembangkan pada tahun ini.

"Komoditas perkebunan yang kami kembangkan untuk penanaman baru tahun ini adalah karet dan lada," ujar Etnawati.

Penanaman baru untuk karet pada 2016 ditargetkan seluas 218 hektare, masing-masing di Kabupaten Kutai Kartanegara sekitar 93 hektare yang akan ditanam di Kecamatan Loa Kulu.

Kemudian seluas 25 hektare di Kabupaten Kutai Timur yang ditanam di Kecamatan Rantau Pulung dan 20 hektare ditanam di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di Kabupaten Paser akan ditanam di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Muara Komam seluas 29 hektare dan Batu Sopang 14 hektare.

"Sedangkan di Kecamatan Tering, Kutai Barat, akan ditanam komoditas karet pada lahan seluas 22 hektare dan di Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda, seluas 15 hektare," tambah Etnawati.

Sementara perluasan areal komoditas lada sekitar 75 hektare, tersebar di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara, seluas 18 hektare dan Kecamatan Loa Janan 25 hektare.

Selain itu, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, dibudidayakan seluas 12 hektare, serta Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, kebagian 20 hektare. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016