Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Kelurahan Bontang Kuala, Kota Bontang, Kalimantan Timur, berhasil masuk nominasi empat besar Regional III Kalimantan - Sulawesi dalam Lomba Desa/Kelurahan, sehingga diharapkan bisa lolos sampai lomba tingkat nasional.

   

"Hasil koordinasi saya dengan Tim Penilai Pusat Lomba Desa/Kelurahan, Bontang Kuala sekarang sudah berada di posisi empat besar tingkat Regional III. Jadi saya berharap bisa terus meningkat nilainya setelah adanya presentasi pada Agustus mendatang," ujar Evida Prasintaningrum, Tim Verfikasi Lomba Desa/Kelurahan Provinsi Kaltim di Samarinda, Rabu.

   

Ningrum yang juga Kasubid Kelembagaan Masyarakat ini melanjutkan, untuk Regional III terdapat 11 provinsi yang mengikutkan kelurahannya dalam lomba tersebut, yakni lima provinsi di Pulau Kalimantan dan enam provinsi di Pulau Sulawesi.

   

Ini berarti Kelurahan Bontang Kuala memiliki profil cukup bagus karena mampu bersaing dengan kelurahan lain di dua pulau tersebut, sehingga diharapkan dalam seleksi lanjutan ke depan, Bontang Kuala bisa lolos dan mengikuti Lomba Kelurahan Terbaik di tingkat nasional.

   

Selain Kelurahan Bontang Kuala, lanjut Ningrum, Desa Suatang di Kabupaten Paser, Kaltim, juga berhasil masuk nominasi empat besar, sehingga ia juga memiliki harapan yang sama seperti Bontang Kuala karena tingkat persaingannya juga harus mampu menyisihkan semua desa di 11 provinsi di Regional III.

   

"Kami berharap Kelurahan Bontang Kuala dan Desa Suatang bisa berhasil di tingkat regional, supaya bisa bersaing dalam Lomba Desa/Kelurahan tingkat nasional, untuk itu aparatur desa dan kelurahan harus menyiapkan mental untuk menghadapi presentasi di tahap selanjutnya," katanya.

   

Menurutnya, tim penilai lomba ini berasal dari Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri dengan jumlah empat orang, yakni Sartono, Narsrullah, Muni Asmuni, dan Kiagus Muhammad Aji Hakim.

   

Beberapa hari lalu, mereka telah melakukan penilaian ke desa dan kelurahan di Kaltim. Tugas tim diantaranya mengkalrifikasi dan mencocokkan antara jawaban instrumen dan data dukung yang sebelumnya dikirimkan kepada tim evaluasi.

   

Penilaian lomba desa dan kelurahan dilaksanakan dalam lima tahap, mulai dari penilaian administrasi, klarifikasi lapangan, pemaparan hasil klarifikasi, pemaparan calon juara lomba, pemeringkatan juara, dan penetapan juara regional. (*)

Pewarta: Muhammad Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016