Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 10 orang pejabat akan mengikuti seleksi untuk menduduki jabatan sekretaris daerah Kabupaten Paser.

"Sampai batas akhir pendaftaran, Jumat (22/7), ada 10 pejabat yang telah menyerahkan berkas untuk mengikuti calon sekretaris daerah," kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel ) Sekda Paser, Normad Edhy, di Tanah Grogot, Sabtu.

Dari 10 pejabat yang akan mengikuti seleksi itu kata Normad, satu orang adalah pejabat pemerintah provinsi, yakni AS Faturrahman yang saat ini menjabat sebagai Asisten IV Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Sekretariat Propinsi Kalimantan Timur.

"Hanya satu orang pejabat Pemprov Kaltim sedangkan sembilan lainnya pejabat Pemkab Paser," ujar Normad.

Adapun nama-nama calon lainnya yakni, Heriansyah Idris, Asisten Tata Pemerintahan Setda Paser, Ir Karoding, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan/Plt Kepala BKD dan Ir Ishak, ataf ahli Bupati Paser  Bidang Hukum dan Politik.

"Calon lainnya adalah, Kepala Dinas Sosial Amiruddin dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan H. Herawati juga telah mendaftar," ujar Normad.

Persyaratan utama untuk mengikuti seleksi calon sekda lanjut dia antara lain, memiliki pangkat golongan IV C dan pernah menjabat dua kali eselon II B di dua instansi.

Hasil seleksi tahap pertama atau seleksi administrasi tambahnya, akan diumumkan pada Senin, 25 Juli 2016.

"Calon yang lulus seleksi tahap pertama akan mengikuti tes selanjutnya yakni  'fit and proper tes' atau uji kelayakan dan kepatutan," tutur Normad.

Selama menjalani "fit and proper tes" para calon kata Normad, harus mengikuti serangkain seleksi lagi diantaranya, seleksi penulisan makalah (yang dilaksanakan 29 Juli, seleksi komputerisasi atau "assesment" dilaksanakan pada 3-5 Agustus dan tahap akhir adalah tes wawancara pada 15 Agustus 2016.

"Sehari setelah tes wawancara, panitia seleksi akan memberikan tiga nama kepada Bupati Paser," ujar Normad.

"Setelah itu adalah hak prerogatif Bupati Paser yang akan menentukan satu nama sebagai Sekda Paser," katanya.     (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016