Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Komunikasi Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan tim keamanan untuk berjaga di sejumlah tempat wisata pantai di daerah itu.

Kepala Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara Ady Irawan saat dihubungi di Penajam, Sabtu, mengatakan pada saat libur lebaran, sejumlah objek wisata pantai di daerah setempat selalu dipadati pengunjung.

"Kebiasaan masyarakat baik bersama keluarga maupun dengan teman-temannya berkunjung ke pantai setelah merayakan Idul Fitri," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman saat liburan Lebaran 2015, jumlah pengunjung wisata pantai, seperti Pantai Tanjung Jumlai dan Pantai Corong mencapai ribuan orang.

Untuk menjaga keamanan, kenyamanan serta keselamatan para pengunjung wisata pantai tersebut, Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara membentuk tim keamanan gabungan yang akan berjaga di tempat wisata pantai.

Tim gabungan keamanan yang akan berjaga di kawasan wisata pantai itu, lanjut Ady Irawan, terdiri dari personel Dishubbudpar Kominfo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, kepolisian, TNI serta SAR.

"Puncak keramaian di tempat wisata pantai pada saat libur lebaran diprediksi akan terjadi pada tanggal 8 hingga 10 Juli," tambahnya.

Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara mengimbau masyarakat pengunjung wisata pantai dapat peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar dan juga keselamatan.

"Semakin banyak pengunjung biasanya diimbangi dengan banyaknya sampah yang berserakan di wilayah tempat wisata. Begitu juga soal kerawanan keamanan dan keselamatan pengunjung menjadi perhatian petugas," kata Ady Irawan. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016