Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pameran Teknologi Tepat Guna tingkat Provinsi Kalimantan Timur akan digelar di Kota Balikpapan pada 18-22 Juli 2016, dengan peserta dari empat institusi, yakni pemerintah, perusahaan, kalangan pendidikan, dan pelaku UKM.

"Setiap tahun tuan rumah gelar TTG Kaltim bergantian. Tahun lalu di Kabupaten Kutai Timur, sedangkan tahun ini dipercayakan kepada Kota Balikpapan," ujar Kabid TTG Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim Surya Dharma Herman di Samarinda, Jumat.

Gelar TTG ke-4 Kaltim tersebut dipusatkan di Gedung Dome Balikpapan dengan menampilkan berbagai inovasi atau rancangan teknologi penemuan terbaru.

Sedangkan untuk juara pertama dalam gelar TTG tingkat Kaltim ini akan diikutkan dalam gelar TTG tingkat nasional pada November 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ia meminta kepada kabupaten/kota yang menyertakan lomba inovasi teknologi benar-benar merancang dengan baik dan terus berusaha menyempurnakan temuannya.

Hal ini perlu dilakukan karena dalam gelar TTG nasional pesertanya merupakan para inovator teknologi dari 34 provinsi di Indonesia, sehingga tingkat persaingannya lebih ketat.

Herman melanjutkan, empat unsur lembaga yang akan mengikuti gelar TTG adalah dari unsur pemerintahan terdiri dari Pemprov Kaltim, pemerintah kabupaten dan kota yang akan memamerkan hasil inovasi maupun produk andalan lokal.

Dari unsur perusahaan adalah sejumlah perusahaan swasta yang beroperasi di Kaltim, maupun perusahaan berpelat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun BUMD.

Kemudian dari kalangan pendidikan adalah sejumlah sekolah yang mampu menciptakan teknologi terapan yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal, maupun dari perguruan tinggi yang juga berhasil membuat teroboson baru dalam penciptaaan maupun pemanfaatan teknologi unggulan.

Sedangkan peserta dari pelaku UKM akan menampilkan sejumlah hasil produksi masing-masing, baik berupa cenderamata, makanan dan minuman ringan, serta berbagai produk kerajinan yang diolah dengan menggunakan teknologi terapan.

Ia menambahkan ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan selama pameran TTG, antara lain lokakarya mengenai pengembangan teknologi terapan, widyawisata ke lokasi yang telah berhasil mengembangkan potensi daerah melalui pemanfaatan teknologi tepat terapan.

Dalam gelar TTG juga akan ada pergelaran kesenian daerah, kemudian akan digelar lomba karya cipta TTG oleh panitia, termasuk akan dilakukan penilaian teknologi terapan terbaik.

"Gelar TTG memang merupakan acara seremonial, tetapi dampaknya luar biasa bagi pengembangan teknologi terapan di masing-masing daerah, karena melalui pameran akan terjadi transfer ilmu mengenai pengembangan teknologi tepat guna," kata Surya. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016