Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Kutai Kartanegara, H Marli mengimbau masyarakat maupun pengusaha yang ada di daerah itu mendukung suksesnya pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 yang berlangsung 1-31 Mei.

Menurut Marli di Tenggarong, Minggu, bentuk dukungan yang dapat dilakukan masyarakat adalah menerima dengan baik petugas sensus ketika datang ke setiap rumah maupun tempat usaha, serta memberikan jawaban yang jujur ketika ditanya.

"Saat ada petugas sensus datang ke rumah, harap diterima dan berikan jawaban apa adanya dan jujur, agar data yang dihasilkan valid, karena ini merupakan kepentingan pemerintah," ujarnya usai menerima petugas Sensus Ekonomi 2016.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Kartanegara Akhmad Junaidi mengatakan Sensus Ekonomi 2016 dilakukan untuk memetakan kegiatan ekonomi secara lengkap, termasuk seluruh kegiatan usaha mulai usaha mikro atau rumah tangga, kecil dan menengah (UMKM) hingga usaha atau perusahaan besar.

"Sensus Ekonomi 2016 ini akan mencakup semua sektor, kecuali sektor pertanian karena sudah dicakup dalam Sensus Pertanian 2013," katanya.

Ia mengatakan hasil Sensus Ekonomi akan sangat berguna bagi pemerintah dalam perencanaan ekonomi, mengetahui potensi ekonomi, peta sektor usaha, penyerapan tenaga kerja serta penghitungan nilai tambah yang akurat.

Sedangkan bagi dunia usaha, Sensus Ekonomi 2016 sangat bermanfaat, di antaranya sebagai dasar perencanaan pengembangan usaha, penentuan pangsa pasar, potensi pasar, dan jumlah usaha sejenis.

Ia berharap masyarakat dapat menerima petugas sensus yang datang ke rumah maupun tempat usaha.

"Petugas Sensus Ekonomi 2016, dilengkapi dengan surat tugas. Pelaksanaan sesus ini apapun. Jadi, kami meminta masyraakat dan pelaku usaha agar membantu petugas sensus dengan memberikan jawaban yang jujur," kata Akhmad Junaidi.      (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016