Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Penajam Paser Utara meluncurkan program gemar menabung sampah untuk menumbuhkan minat masyarakat mengumpulkan sampah rumah tangga.

Peluncuran program gemar menabung sampah bagi masyarakat dan perusahaan yang dilaksanakan di halaman parkir Pasar Penajam, pada Sabtu pagi tersebut, sekaligus untuk merayakan hari jadi ke-14 Kabupaten Penajam Paser Utara yang jatuh pada Jumat (11/3).

"Kami harapkan, program gemar menabung sampah ini dapat memicu minat dan semangat masyarakat agar bersedia mengumpulkan sampah di rumah tangga masing-masing," kata Kepala DKPP Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati, Sabtu.

Program gemar menabung sampah yang ia gagas tersebut juga bertujuan mendukung peningkatan nilai Adipura yang lebih baik serta dapat memperpanjang usia TPA (tempat pembuangan akhir) Buluminung.

Menurut Tita Deritayati, program gemar menabung sampah tersebut merupakan konsep pengumpulan sampah yang masih bernilai ekonomis dengan manajemen seperti halnya di perbankan.

"Dalam program ini, masyarakat menyetorkan sampah ke Bank Sampah untuk ditukarkan dengan uang dalam bentuk tabungan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar menjanjikan, kepada nasabah Bank Sampah yang berhasil mengumpulkan uang terbanyak dengan menyetorkan sampah yang masih bernilai ekonomis, tabungannya akan dilipatgandakan.

Selain Yusran Aspar, hadir juga pada peluncuran program gemar menabung sampah tersebut Wakil Bupati Mustaqim MZ serta Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar.

Di akhir acara peluncuran program gemar menabung sampah, Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar menandatangani prasasti Taman Pasar Induk Penajam.       (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016