Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 109 siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Paser mengikuti bimbingan menjadi anggota Polri.

"Mereka ikut bimbingan karena berniat mendaftar menjadi anggota Polri, setelah mereka dari sekolahnya," kata Kepala Bagian Sumber Daya (Sumda) Polres Paser Komisaris Polisi Budiono di Tanah Grogot, Jumat.

Ke-109 siswa yang mengikuti bimbingan secara gratis itu kata Budiono, terdiri 84 pelajar putra dan 25 pelajar putri.

"Para siswa yang saat ini mengikuti bimbingan, semuannya berasal dari Kecamatan Tanah Grogot dan selama bimbingan tidak dipungut biaya," kata Budiono.

Bimbingan tersebut lanjut Budiono, juga akan dilaksanakan di kecamatan lain untuk memberikan kesempatan yang sama kepada para siswa di seluruh Kabupaten Paser.

"Kami sudah meminta para kapolsek agar mendata dan menyeleksi mereka. Jika sudah terkumpul selanjutnya tim dari Bagian sumda Polres Paser akan datang untuk memberikan bimbingan," ujar Budiono.

Menurut Budiono, kemungkinan pendaftaran resmi calon anggota Polri dibuka pada April 2016.

"Jika merujuk tahun sebelumnya, maka kemungkinan pendaftaran akan dibuka pada awal April 2016, katanya.

Materi bimbingan masuk Polri tersebut tambah dia diantaranya, kesamaptaan jasmani/olah raga yang dilaksanakan seminggu sekali.

"Setelah lolos seleksi tinggi badan, langsung cek kesehatan di poliklinik Polres. Untuk tes renang akan diatur waktu selanjutnya," katanya.

Ia mengimbau para pemuda/pemudi di Kabupaten Paser yang telah memenuhi syarat untuk mendaftar menjadi anggota Polri yang dapat dilakukan melalui bimbingan tersebut.     (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016