Samarinda (ANTARA Kaltim) - Organisasi lingkungan Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (SKM) Samarinda, Kalimantan Timur, mendapat bantuan satu unit perahu sehingga kini mereka bisa memungut sampah hingga ke tengah sungai.

"Armada perahu inilah yang kami cita-citakan sejak lama supaya kami bisa memungut sampah hingga ke tengah, karena masih banyak warga yang belum sadar dan masih membuang sampah ke SKM," ujar Ketua Gerakan Memungut Sampah SKM, Misman di Samarinda, Jumat.

Selama ini, katanya, dia bersama rekan-rekannya dan sekelompok orang yang peduli terhadap kebersihan SKM, hanya mampu memungut sampah di tepi dan di bibir sungai karena belum memiliki perahu untuk mengambil sampah yang hanyut di tengah sungai.

Untuk itu, dia mengaku berterimakasih kepada anggota DPRD Kaltim Syaefuddin Zuhri yang telah memberikan bantuannya berupa perahu, sehingga manfaat perahu tersebut dinilainya sangat besar dalam upaya menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

Menurutnya, sungai merupakan aset berharga sehingga harus dijaga dan tidak dicemari dengan aneka sampah yang dibuang. Sedangkan gerakan yang selama ini dilakukan, merupakan salah satu cara untuk menyadarkan warga Samarinda akan pentingnya SKM.

"Memang sudah banyak yang dilakukan pemerintah dan lembaga untuk menyadarkan orang agar tidak membuang sampah ke sungai, seperti melakukan seminar dan larangan tidak membuang sampah. Tapi saya anggap hal belum menyentuh pada subtansi dan tidak menyentuh hati sehingga masih banyak warga yang menbuang sampah ke sungai," katanya.

Tapi dengan adanya gerakan langsung terjun ke sungai guna memungut sampah, diharapkan orang yang selama ini membuang sampah ke sungai akan malu karena melihat ada orang yang memungut.

Dia juga mengakui sudah ada perubahan perilaku sebagian warga di sekitar SKM sejak pihaknya melakukan gerakan memungut sampah. Seperti di titik tetentu yang dulunya selalu menjadi lokasi pembuangan, namun dalam beberapa hari terkahir sudah berkurang.

Sementara itu, Syaefuddin Zuhri saat menyerahkan perahu kepada Misaman, dia mengatakan bahwa sebagai wakil rakyat Kaltim dari daerah pemilihan Samarinda, hatinya merasa tergugah terhadap Gerakan Memungut Sehelesai Sampah di SKM, sehingga dana reses tersebut dia gunakan untuk membeli perahu untuk organisasi tersebut.

Setelah menyerahkan perahu, Syaifuddin kemudian turun ke sungai guna memungut sampah di pinggir SKM. Sampah yang berhasil dipungut Syaefuddin antara lain sampah rumah tangga, pempers, dan beberapa plastik bekas makanan. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015