Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2015 di Halaman Kantor Wali Kota, Jalan Moch Roem Kelurahan Bontang Lestari, Selasa.

Turut hadir pada upacara tersebut, Wawali Isro Umarghani, anggota DPRD dan FKPD Kota Bontang, manajemen perusahaan, Sekkota HM Syirajudin, kepala SKPD, anggota legiun dan janda veteran, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat di Kota Bontang.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wali Kota Adi Darma meminta agar peringatan Hari Pahlawan dijadikan cermin untuk refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan dalam menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dalam mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera yang merupakan cita-cita perjuangan bangsa.

"Peringatan Hari Pahlawan ini juga sebagai momen untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan. Oleh karena itu, bila kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang dan lekang dimakan zaman, karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasikan dari generasi ke generasi sepanjang masa dan mengikuti perkembangan zaman," katanya.

Selanjutnya, Wali Kota Adi Darma juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan tahun ini difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia, termasuk di Kota Bontang sebagai representasi pengakuan, penghormatan dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.

"Dalam kesempatan ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kota Bontang untuk merenungkan kembali arti perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang untuk kedaulatan bangsa kita ini, dan hasil perjuangannya harus kita isi dengan terus berkreasi dan berinovasi dalam membangun bangsa dan negara ini," ungkapnya.

Peringatan Hari Pahlawan, menurut Adi Darma, harus dijadikan sebagai suatu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

Usai memimpin upacara, Wali Kota Adi Darma memberikan penghargaan dan bantuan berupa rehabilitasi rumah dan bantuan Sembako kepada anggota legiun dan janda veteran di Kota Bontang. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015