Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Pangkalan TNI Angkatan Laut Balikpapan bekerja sama dengan lembaga nirlaba "Doctor Share" menggelar kegiatan pengobatan gratis bagi warga kurang mampu di lima rukun tetangga di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin.

"Pengobatan gratis yang digelar TNI AL bersama dengan Doctor Share sudah beberapa kali dilaksanakan," kata Komandan Lanal Balikpapan Letnan Kolonel Laut (P) Arief Budiman.

Adapun lima RT yang warganya mendapatkan pengobatan gratis dari kegiatan bakti sosial tersebut adalah RT 16, 17, 18, 19 dan 45 di Kelurahan Kampung Baru Ulu.

"Pada dasarnya kegiatan ini adalah kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang terkena dampak kabut asap, khususnya wilayah Kalimantan Timur," kata Arief.

Secara kebetulan, lanjut Arief, kapal rumah sakit apung milik Doctor Share sedang berada di daerah Samarinda dan beberapa tim sudah menghubungi Lanal Balikpapan.

"Bakti sosial pengobatan massal akan dilaksanakan selama tiga hari pada tiga tempat berbeda, yakni Kampung Baru Ulu, Kariangau dan Kabupaten Penajam Paser Utara," tambahnya.

Sementara itu, penyandang dana Doctor Share, Lie A Hermawan, mengatakan obat-obatan yang dibawa lembaganya pada kegiatan ini terutama obat yang ada hubungannya dengan penyakit paru-paru dan juga jantung.

"Karena kabut asap ini berpengaruh langsung terhadap kesehatan masyarakat, terutama kinerja jantung," kata Lie.

Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 11 dokter dan sejumlah pramedis dengan pelaksanaan pengobatan di Dermaga Kal Sepinggan. Jumlah pasien yang ditangani pada hari pertama sebanyak 170 orang. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015