Bontang (ANTARA Kaltim) - Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kota Bontang Bakhtiar Wakkang mendorong pembangunan perguruan tinggi negeri di daerah setempat sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri.

Bakhtiar wakkang saat dihubungi di Bontang, Minggu, mengemukakan selama ini lulusan SMA/SMK di Bontang harus pergi ke luar daerah jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN) yang berkualitas, karena Bontang belum memiliki PTN atau perguruan tinggi yang bagus.

"Bontang ini mampu mendirikan perguruan tinggi negeri, toh di daerah-daerah lain yang minim PAD dan dana perimbangan mampu mendirikan. Kenapa di Bontang tidak bisa," kata Bakhtiar.

Menurut ia, adanya PTN di Bontang yang mempunyai kredibilitas akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para pelajar dari daerah lain untuk belajar di Bontang.

"Kita berharap ada universitas negeri yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat terkait peningkatan SDM yang mandiri, karena bagaimana pun Bontang adalah kota Industri yang setiap waktu terus berkembang dan pengetahuan teknologi yang modern, sehingga dibutuhkan SDM yang handal di bidangnya," ujarnya.

Bakhtiar menambahkan salah satu ikon Kota Bontang dalam mewujudkan manusia yang "Berbudi Luhur" harus dibarengi dengan pengetahuan yang mampu menciptakan karakter masyarakatnya.

Dengan kualitas pendidikan yang baik, masyarakat akan berpikir positif dan mengabaikan yang negatif.

"Negara menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan pelayanan pendidikan dan ini sudah menjadi tugas negara, dalam hal ini pemerintah daerah untuk mewujudkan  hal itu. Kalau memang ada ruang untuk itu, kenapa tidak kita bangun dan DPRD siap mendukung," tambahnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015