Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma memimpin upacara hari jadi ke-54 Gerakan Pramuka di Stadion Bessai Berinta, Bontang, Kamis, yang diikuti ribuan pelajar yang tergabung dalam Saka Pramuka.
  
Dalam sambutannnya, wali kota mengatakan perayaan hari jadi Pramuka setidaknya menjadi momentum untuk berbenah dan memotivasi, semangat, dan pembentukan karakter generasi muda sebagai basis percepatan pembentukan kemandirian yang handal di masa mendatang.

"Gerakan Pramuka saat ini sangat berpeluang untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia, khususnya kaum muda yang berkarakter. Guna mewujudkan hal tersebut, peran Saka Pramuka sangat diperlukan untuk menciptakan peluang kerja yang berbasis pada kecakapan khusus dalam setiap kridanya," katanya.

Ia berharap Gerakan Pramuka mampu memberikan motivasi, semangat dan mempercepat kemandirian untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter calon pemimpin bangsa yang handal dan lebih baik di masa depan.

Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia yang dituntut dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

"Pramuka ini masih tetap relevan dengan perkembangan zaman dan tetap keren, asyik serta menyenangkan. Saya meminta agar Gerakan Pramuka di Kota Bontang terus dikembangkan, sehingga kaum muda bangga menjadi anggota Pramuka," ujarnya.

Adi Darma menambahkan Pramuka tidak sekadar organisasi pendidikan nonformal, namun juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar, utamanya dalam membentuk karakter kaum muda serta meningkatkan semangat kebangsaan dan keterampilan, sebagaimana tujuan dasar Pramuka.

"Pemerintah terus mendukung seluruh program Pramuka secara berkelanjutan dan berkesinambungan," ujarnya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015