Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, akan menggelar festival layang-layang bertaraf internasional pada 2016, bertepatan saat gerhana matahari total, dengan tema Warna-Warni Langit Benuo Taka.

"Pada 2016, kami akan menggelar festival layang-layang saat gerhana matahari yang diperkirakan akan terjadi 9 Maret 2016," kata Kepala Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin saat dihubungi di Penajam, Kamis.

Rencana menggelar festival layang-layang saat gerhana matahari itu kata Alimuddin, berdasarkan hasil rapat dengan Kementerian Pariwisata dan Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) yang menyebutkan, akan terjadi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

"Untuk wilayah Kalimantan Timur, gerhana matahari total tersebut dapat disaksikan dari Pantai Manggar, Kota Balikpapan dan Pantai Nipah-nipah, Kabupaten Penajam Paser Utara," katanya.

Selain itu, saat terjadinya gerhana matahari tersebut lanjut dia, juga bertepatan dengan hari jadi ke-14 Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Kami akan menggabungkan fenomena alam tersebut dengan festival layang-layang yang juga bertepatan dengan hari jadi Penajam Paser Utara. Semoga, tidak ada halangan sehingga kegiatan itu bisa direalisasikan," ujarnya.

Festival layang-layang 2016 yang digelar bersamaan dengan gerhana matahari total tersebut tambahnya, diharapkan mampu menyedot wisatawan baik dari Indonesia maupun mancanegara, karena fenomena alam itu hanya terjadi di Indonesia dan hanya bisa disaksikan, salah satunya di Pantai Nipah-nipah.

"Saya sudah meminta kepada peserta festival layang-layang 2015 ini untuk mengajak dan menginformasikan kepada pecinta layang-layang lainnya agar festival layang-layang 2016 lebih banyak peserta dan meriah," kata Alimuddin.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015